Apartemen Ayam 4.0, Kandang Ayam Tanpa Jorok Tanpa Bau

  • Bagikan
Kang Emil saat meninjau peternakan yang dikembangkan dengan teknologi.

BANDUNG – Peternakan ayam tanpa jorok dan tanpa bau mulai diperkenalkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Saat meninjau peternakan ayam yang memanfaatkan teknologi 4.0 di Desa Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung pada Minggu (7/3/2021), Kang Emil menyebut pertanakan kandang ayam ini sebagai Apartemen Ayam 4.0.

Karena berbeda dengan bentuk peternakan ayam pada umumnya, apartemen ayam ini memiliki lima lantai dengan struktur yang kokoh seluas total 40 meter persegi.

Apartemen ayam ini dapat menampung hingga lima ribu ayam. Peternakan yang dikembangkan oleh warga ini terlihat bersih dan tidak menimbulkan bau.

Sehingga persepsi bahwa peteranakan ayam selalu jorok, bau dan sempit, mulai sekarang sudah hilang oleh teknologi peternakan ayam yang dikembangkan warga ini.

Bahkan untuk menaburkan makanan dan minum pada ayam di peternakan ini diatur oleh sebuah alat yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Tak hanya itu, kotoran ayam juga langsung difermentasi, guna menghasilkan nilai ekonomi.

“Meneteskan minuman dan kasih makanan ayam pake 4.0, kotorannya juga ditarik oleh sebuah motor yang diatur oleh 4.0, nanti kotorannya difermentasi jadi nilai ekonomi juga,” kata Kang Emil.

Rencananya, teknologi apartemen ayam ini akan diaplikasikan pada program petani milenial. Nantinya, peternakan ayam akan digarap oleh para pemuda dan hasil panennya sudah dipastikan akan dibeli.

“Jadi program petani milenial ini tidak usah cari pembeli. Tapi dimulai dari pembelinya sanggup berapa,” timpal Kang Emil.***

Penulis: JabarPublisherEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *