Galeri UMKM Hadir di Mal Festive Walk Galuh Mas

  • Bagikan

KARAWANG – Mal Galuh Mas bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Karawang menggandeng Forum Wirausaha Karawang (Forwika) hadirkan Galeri UMKM di Mal Festive Walk, Galuh Mas Karawang. Galeri UMKM ini dibuka secara resmi pada Jumat 26 Maret 2021, oleh Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepulloh.

Sedikitnya, ada lebih dari 40 UMKM yang tergabung dan menempati lantai 2 dan 3 mal dengan luas lokasi kurang lebih 500 meter persegi.

Demikian disampaikan Property Manager Mal Galuh Mas Karawang, Rizki Setiawan, dalam keterangannya persnya, Jumat (26/3/2021).

UMKM tersebut diantaranya terdiri dari sektor makanan, kerajinan tangan, pakaian, dan sebagainya.

Rizki menyebut, selain bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi, hadirnya Galeri UMKM ini juga untuk mewadahi para pelaku UMKM di Karawang, agar dapat memasarkan produknya lebih luas di masyarakat, bahkan go international.

Program Galeri UMKM ini juga sejalan dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia.

Gernas BBI di Jawa Barat rencananya akan digelar mulai April 2021 dengan tagline UKM Jabar Paten. Sehingga hadirnya Galeri UMKM di Mal Festive Walk ini menjadi pioneer gerakan tersebut di Jawa Barat.

“Harapan kami ini menjadi kabar baik bagi para pelaku UMKM di Karawang, untuk mendukung mereka agar lebih berkembang melalui program-program ini,” ujar Rizki.

Demi menciptakan rasa nyaman dan aman kepada para pengunjung, Mal Festive Walk juga menyiapkan protokol kesehatan yang sudah sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia. Yaitu seperti menyiapkan petugas untuk mengatur jumlah pengunjung yang memasuki area Galeri UMKM, memastikan pengunjung menggunakan masker, membawa handsanitizer dan yang terpenting adalah tetap menjaga jarak antar pengunjung.

“Ini dilakukan agar semua pengunjung merasa nyaman dan dijauhkan dari Covid-19,” katanya.

Kerjasama hadirnya Galeri UMKM di Mal Festive Walk ini juga tidak memberatkan para pelaku UMKM. Pada bulan pertama, mall memfasilitasi para pelaku UMKM dengan memberikan tempat secara gratis, dan untuk bulan berikutnya dilakukan sistim sewa bagi hasil. Pihak mall juga membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM lain di Karawang yang ingin bergabung.

“Namun tentunya harus melalui Fowika terlebih dahulu untuk didata,” katanya.

Galeri UMKM ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata untuk mencari oleh-oleh khas Karawang seperti yang sudah ada di kota-kota wisata lainnya.

Selain itu, diharaplan dapat menjadi solusi bagi masyarakat serta memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang sebagai unit usaha kreatif, yang menawarkan produk-produk unggulan yang ada di Karawang.

“Dengan berdirinya tempat ini, diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat. Kami memiliki kuliner, kerajinan tangan, fashion dan lain-lain. Berharap menjadi solusi bagi masyarakat Karawang yang mana selama ini kita bingung mau kemana. Sekarang kami menawarkan produk-produk unggulan yang ada di Karawang,” pungkasnya.***

Penulis: KarinaEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *