IPM Karawang Masuk dalam Kategori Tinggi

  • Bagikan

KARAWANG – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Karawang telah masuk dalam kategori tinggi, karena telah mencapai 70,66 poin melampaui target RPJMD sebesar 0,5 poin.

Pada tahun 2020, Karawang menduduki urutan ke-5 dari seluruh Kabupaten/kota se-Jawa Barat. Keberhasilan pencapaian IPM ini didukung oleh bidang pendidikan.

Demikian disampaikan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dalam kesempatan Sidang Paripurna DPRD Karawang tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Karawang tahun 2020, di Gedung Paripurna DPRD Karawang, Rabu (31/3/2021).

Dijelaskan Bupati, indikator bidang pendidikan yang mengalami menaikan antara lain rata-rata lama sekolah dan indeks pendidikan. Adapun program prioritas yang mendukung peningkatan IPM antara lain program PMMS, Karawang Cerdas, serta pembangunan ruang kelas baru dan rehabilitasi ruang kelas.

Capaian peningkatan lainnya ada di bidang kesehatan yang juga memberikan kontribusi peningkatan IPM di Kabupaten Karawang, dari meningkatnya angka harapan hidup sebesar 0,17 tahun dari tahun sebelumnya yaitu 71,98 tahun menjadi 72,15 tahun dan indeks kesehatan naik sebesar 0,26 poin.

“Hal tersebut didukung oleh program Jamkesmas, Karawang Sehat, pembangunan puskemas DTP dan peningkatan kualitas pelayanan puskesmas seluruh kecamatan,” ungkap Bupati.

Kemudian, infrastuktur wilayah pembangunan berkaitan dengan prasarana jalan, jembatan dan drainase. Peningkatan kualitas fisik prasarana penunjang pertanian dan ketertiban, keamanan dan kenyamanan transportasi jalan.

Hal tersebut dilaksanakan tahun 2020 melalui peningkatan jalan kabupaten sepanjang 10,88 KM, pembangunan jembatan kabupaten 8 unit, pembangunan saluran drainase atau gorong gorong sepanjang 16,30 KM, pembangunan saluran irigasi kabupaten sepanjang 71,99 KM dan pembangunan saluran pembuang 67 KM.***

Penulis: Ade Kosasih, SEEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version