Mak Sri Rahayu Ditunjuk sebagai Gender Champion Karawang di APE 2021

  • Bagikan
Sri Rahayu Agustina.

KARAWANG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Golkar, Sri Rahayu Agustina ditunjuk sebagai ‘Gender Champion’ Karawang pada penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kementerian PPPA RI).

Saat hadir di kegiatan verifikasi APE yang digelar secara virtual di gedung Singaperbangsa Lantai 3 Komplek Pemda Karawang pada Senin (5/04/2021), Anggota Komisi V DPRD Jabar ini mengucapakan terima kasih kepada tim verifikasi Kabupaten Karawang yang sudah memilihnya untuk mewakili Karawang menjadi ‘gender champion’ pada kesempatan APE 2021.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi gender-gender di Kabupaten Karawang yang lain untuk selalu berkarya dan mampu memberikan kontribusi  terbaik untuk Kabupaten Karawang,” tutur perempuan yang kerap akrab disapa Si Emak ini.

Sementara diketahui, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran kementerian atau lembaga terkait dan pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Sekertaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Karawang, Amid Mulyana yang didampingi oleh Siti Komarianingsih selaku Kepala bidang PUG Dinas DP3A Karawangmenjelaskan, bahwa penganugaran APE ini bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi.

Sehingga tim dapat memperoleh data yang lebih lengkap, komprehensif dan objektif sebagai bahan penyusunan Indeks Persamaan Gender (IPG) sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima APE.

APE sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

“Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi PUG,” tutur Amid.

Verifikasi APE 2021 yang digelar secara virtual.

Diketahui juga, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana hadir dalam verifikasi lapangan secara virtual melalui aplikasi zoom. Sementara sejumlah Kepala OPD melaksanakan secara virtual di Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Pemda Karawang.

Dalam kesempatan ini Bupati Cellica menyatakan komitmennya yang terus berupaya melakukan penguatan kapasitas kelembagaan dan meningkatkan implementasi PUG di daerah, guna mencapai masyarakat yang adil, sejahtera yang ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG).

Penilaian terhadap pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan implementasi program strategi PUG di Pemkab Karawang ini sangat penting. Sehingga pihaknya bisa mengukur sejauh mana capaian dan keberhasilan dalam upaya menciptakan pembangunan yang merata dan berkeadilan bagi semua komponen masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan.

Verifikator Independen Kementrian PPA Dr. Sallyastuty Wardhani M.Si yang memimpin jalannya verifikasi dalam sambutannya mengatakan, tahun ini verifikasi lapangan dilakukan secara online dan ini menjadi tantangan tersendiri baik bagi tim verifikator maupun bagi pemda sendiri.

Namun dirinya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Karawang yang telah melengkapi data informasi tentang perkembangan pelaksanaan PUG berikut capaiannya sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

“Kami sangat berharap data tersebut dapat secara benar diverifikasi. Karena data ini akan digunakan sebagai database atau landasan untuk melakukan langkah ke depan yang lebih strategis, terencana, efektif dan efisien. Yang pada akhirnya kita ingin mewujudkan pembangunan berkeadilan yang merata bagi seluruh masyarakat, bagi laki-laki dan perempuan,” ujarnya.***

Penulis: Karina/ADKEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *