Pertahankan Lahan Pertanian Teknis di Perubahan Tata Ruang

  • Bagikan
Dedi Rustandi - Teddy Luthfiana.

KARAWANG – Meskipun belum ada kepastian kapan pihak eksekutif (Pemkab Karawang) akan menyerahkan draf revisi perubahan Perda Tata Ruang, namun komitmen untuk mempertahankan lahan pertanian teknis sudah disikapi DPRD Karawang.

Khusus mengenai Lahan Pertanian Pangang Berkelanjutan (LP2B), dua fraksi di DPRD Kabupaten Karawang, yaitu Fraksi Golkar dan Fraksi Pangkal Perjuangan siap pasang badan untuk menjaga kedaulatan Perda LP2B.

“Sebagai salah satu Dewan yang tergabung ke dalam Fraksi Pangkal Perjuangan, saya siap mengawal dan mempertahankan lahan teknis yang termasuk jedalam LP2B,” tutur Anggota Fraksi Pangkal Perjuangan dari PPP, Dedi Rustandi.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Karawang ini juga menyambut baik rencana revisi Perda Tata Ruang Wilayah Karawang. Namun demikian, perubahan Perda RTRW harus singkron dengan peraturan daerah yang sudah ada seperti Perda LP2B.

“Revisi RTRW merupakan keharusan setelah terakhir direvisi pada 2013 lalu, demi keseauaian pembangunan itu perlu dilakukan. Namun prinsipnya revisi dilakukan harus kontekstual, tidak berbenturan dengan ketentuan Perda yang sudah ada,” katanya.

“Berkaitan dengan apakah nanti lahan teknis ada yang tergerus atas keperluan, itu bukan sebuah alasan lahan teknis itu digerus, yang jelas lahan teknis yang sudah masuk kedalam LP2B jangan diacak-acak,” timpalnya.

Hal senada disampaikan Anggota Fraksi Golkar DPRD Karawang, Teddy Luthfiana. Ia pun siap mengawal dan mempertahankan kedaulatan Perda LP2B Kabupaten Karawang di dalam pembahasan perubahan Perda Tata Ruang Wilayah nanti.

“Secara prinsip kita juga sama, Perda yang sudah ada harus ditegakan, lahan teknis yang masuk kedalam Perda LP2B harus dipertahankan,” tandasnya.***

Penulis: Ade Kosasih, SEEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *