Atasi Kekeringan Sawah di Pakisjaya, Dinas Pertanian Minta Alat Pompanisasi ke Kementrian

  • Bagikan

JAKARTA – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana didampingi Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh S.E, Kepala Dinas Pertanian, H. Hanafi , Kepala Dinas PUPR Dedi Akhdiat dan Kepala Bidang  Prasarana dan Sarana Pertanian melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kementerian Pertanian RI, Jumat (9/4/2021).

Rombongan Bupati diterima Dirjen PSP Dr. Sarwo Edhy, di Ruang Rapat Gedung Kementerian Pertanian RI, Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Pertanian, Hanafi usai bertemu dengan Dirjen PSP Kementan RI, ada sejumlah usulan dari Kabupaten Karawang kepada Dirjen PSP.

Usulan tersebut terkait dengan penyediaan Prasarana dan Sarana Pertanian seperti pupuk, alsintan, jalan usaha tani, rehabilitasi jaringan irigasi tersier (RJIT), serta penyediaan sarana perpompaan, terutama di Kecamatan Pakisjaya yang selama ini area persawahannya mengalami kekeringan.

“Seluas 3.200 hektar persawahan di Kecamatan Pakisjaya selalu mengalami kekeringan, karena tak terjangkau oleh saluran irigasi. Untuk mengatasi hal tersebut nanti akan dilakukan pompanisasi sebanyak 8 unit,” kata Kepala Dinas Pertanian, Hanafi.

Selain pompanisasi untuk mendongkrak produksi pertanian, kata Hanafi, di setiap kecamatan nantinya akan disediakan brigade alsintan. Artinya dalam mengolah lahan pertanian semua menggunakan alat mesin pertanian.

Sejumlah usulan penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang dilakukan oleh Dinas Pertanian kepada Kementerian Pertanian RI ini, karena Dinas Pertanian Karawang tak memiliki anggaran yang cukup  untuk memenuhi semua kebutuhan sektor pertanian, guna mendongkrak produksi pertanian di Karawang.***

Penulis: Diskominfo KarawangEditor: -
  • Bagikan
Exit mobile version