Dikebut 100 Hari Kerja, Cellica-Aep Mulai ‘Geber’ Produk UMKM Masuk Ritel dan Perusahaan

  • Bagikan

KARAWANG – Entah karena didesak oleh janji politik Pilkada ataupun dikebut 100 hari kerja untuk memulai masa kepemimpinannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karawang, yang jelas apa yang dilakulan oleh Cellica-Aep ini patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak.
Senin (12/4/2021) di Aula Husni Hamid, Pemkab menggelar pelatihan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sempat lesu dihantam pandemi covid-19.

Dirilis Diskominfo Karawang, bahkan bukan sekedar pelatihan, Pemkab Karawang juga bekerja sama dengan perusahaan ritel raksasa PT. Indomarco Prismatama yang mengelola Indomaret untuk ikut menjual produk-produk UMKM terbaik dari pengusaha Karawang. Program ini merupakan salah satu program 100 hari kerja Cellica-Aep untuk terus ‘menggeber’ market produk-produk UMKM, agar laku dijual di pasaran lebih luas lagi.

Ada 70 pelaku usaha UMKM yang mendapatkan pelatihan ini, agar produknya bisa dijual di Indomaret.

Bupati Cellica mengatakan, Indomaret menjadi ritel modern pertama yang siap bekerja sama dengan Pemda Karawang untuk memasarkan produk-produk UMKM terbaik di Karawang.

“Ke depan kami berharap semua ritel modern dan kawasan industri, ikut andil dalam memasarkan produk-produk UMKM di Karawang,” harap Bupati Cellica.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Ade Sudiana juga menyampaikan, kegiatan pelatihan dan kerja sama dengan Indomaret ini merupakan salah satu strategi Pemda Karawang melalui Dinas Koperasi dan UKM, agar para pelaku usaha mirko ini bisa bertahan di tengah pandemi covid-19.

“Saat ini baru 70 UMKM, setelah pelatihan ini produk yang terseleksi akan masuk ke Indomaret. Kami harap ritel lain bisa mencontoh juga,” harapnya.

Di kesempatan berbeda, Wabup Aep mengundang asosiasi Human Resource and Development (HRD) perusahaan di Karawang di Aula BAPPEDA Karawang.

Masih dalam topik yang sama tentang market produk UMKM, Wabup Aep meminta bantuan Asosiasi HRD, agar produk UMKM Karawang bisa masuk dan dijual di setiap koperasi perusahaan yang ada di Karawang.
Karena menurut Wabup Aep, produk UMKM Karawang sudah sangat layak untuk dipasarkan di koperasi karyawan di setiap perusahaan di Karawang. Menurutnya, produk-produk UMKM Karawang sudah memiliki kualitas yang siap bersaing.

Ditegaskan Wabup Aep, pemkab sangat serius untuk meningkatkan kualitas produk UMKM, serta membantu para UMKM agar usahanya semakin maju dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tadi juga sudah dilakukan pelatihan dan alhamdulillah kita dapat kesempatan untuk memasarkan produk-produk UMKM terbaik di Indomaret. Kita bekerja sama dengan perusahaan ritel Indomaret. Kita harap produk UMKM ini juga bisa dipasarkan di koperasi karyawan,” ujar Wabup Aep.

Dalam kesempatan ini, para pihak asosiasi HRD menyambut baik rencana dan program pengembangan UMKM, serta memasarkan produk UMKM Karawang di koperasi perusahaan. Pihak perusahaan akan mendukung upaya pemkab untuk memberdayakan UMKM.

Untuk mengingatkan kembali memori masyarakat Karawang terkait janji politik dan visi misi Cellica-Aep di Pilkada Karawang 2020, Cellica-Aep memiliki “Mewujudkan Karawang Mandiri, Bermartabat dan Sejahtera untuk Semua”.

Sementara salah satu misinya yang tercatat dalam janji kampanye politik Pilkada, yaitu “Menumbuhkan dan menggerakkan potensi masyarakat serta potensi lokal pedesaan yang kreatif, guna membangun Karawang yang berkualitas dan berdaya saing.

Bahkan saat debat kandidat pilkada yang digelar KPU dan ditayangkan oleh stasiun televisi nasional, background sebagai pengusaha nasional H. Aep Syaepuloh berulang kali menyampaikan niatannya, agar persoalan pengangguran di Karawang tidak terfokus kepada solusi lahan atau lowongan pekerjaan di industri.

Melainkan harus diselesaikan dengan cara lain, yaitu mengajak masyarakat untuk bisa lebih mandiri melalui pengembangan dan penguatan produk-produk hasil UMKM yang berdaya saing.***

Penulis: Ade Kosasih, SEEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *