Komitmen Perbaikan Ekonomi di Tengah Pandemi, Dongkrak Market UMKM di Perusahaan Industri

  • Bagikan

KARAWANG – Perbaikan ekonomi melalui sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus digencarkan Pemkab Karawang. Karena wabah pandemi covid-19 bukan suatu alasan kondisi ekonomi masyarakat tidak bertumbuhkembang.

Dalam menjaga komitmen tersebut, Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menegaskan, setelah melakukan pertemuan dengan forum HRD perusahaan, ia memastikan jika pangsa pasar produk UMKM Karawang ke depan akan lebih terbuka lebar di koperasi-koperasi industri atau perusahaan.

Sehingga komitmen untuk mendongkrak market produk-produk unggulan UMKM Karawang tidak hanya digenjot untuk dipasarkan di toko-toko retail seperti Indomaret yang sudah melakukan tanda tangan MoU dengan pemkah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Karawang.

Kepada BukanBeritacom, Wabup Aep menuturkan, pemkab akan membuka peluang serta akses yang seluas-luasnya untuk seluruh sektor pelaku UMKM, agar menembus market perusahaan industri.

“Kita fasilitasi UMKM ini dengan cara mensinergikan pelaku UMKM dengan perusahaan industri di Karawang. Upaya tersebut guna memulihkan kondisi ekonomi di tengah pandemi, juga sebagai bentuk kesungguhan Pemkab dalam memberdayakan UMKM,” ujar Wabup Aep di kantor Plaza Pemda Kabupaten Karawang, Jumat (16/4/2021).

Dijelaskannya, pemerintah daerah dalam hal ini menjembantani UMKM tidak hanya untuk saat ini saja, tetapi diperuntukkan berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga para pelaku UMKM dapat andil menjadi bagian penting dari pertumbuhan ekonomi di Karawang.

“Karena UMKM ini merupakan salah satu program yang kami unggulkan. Jadi kami ingin UMKM berjaya tidak hanya saat ini saja. Namun untuk selanjutnya, secara berkala,” ujarnya.

Wabup Aep juga memaparkan, Pemkab tidak membatasi siapa-siapa saja untuk pelaku UMKM yang ingin bermitra dengan perusahaan. Pihaknya menyarankan agar para pelaku UMKM melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

“Silakan daftarkan ke Dinas Koperasi, nanti pihak Dinas akan memonitoring itu, dilihat sertifikasi halalnya, juga pengemasannya. Setelah dinilai layak, kita akan salurkan pada perusahaan maupun industri,” jelasnya.

Sejauh program penguatan ekonomi melalui sektor UMKM ini berjalan, Pemkab Karawang telah sepakat dengan salah satu perusahaan ritel nasional, agar menjual produk UMKM di minimarket setelah sebelumnya menggelar pameran UMKM di salah satu Mal Karawang.

“Kita upayakan produk UMKM lokal Karawang bisa diakses di di segala sektor pasar, termasuk mal dan minimarket,” pungkas wabup.***

Penulis: KarinaEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *