Malam Nuzulul Qur’an, PT. Pupuk Kujang Distribusikan 10 Ribu Al-quran ke Pelosok Jabar

  • Bagikan

KARAWANG – Sebanyak 10.000 Al-qur’an akan didistribusikan ke seluruh pelosok di Jawa Barat. Ini merupakan program PT. Pupuk Kujang yang berkolaborasi dengan Baitulmaalku dengan misi pengentasan buta hurur Al-Qur’an.

Khusus di malam Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadan kemarin, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pupuk Kujang memberikan wakaf Al-Qur’an ke masyarakat sekitar perusahaan melalui lembaga Baitulmaalku.

Sebanyak 300 mushaf disalurkan ke majlis taklim di Kampung Sasak Seng, Kalihurip, Dawuan Tengah, Dawuan Barat dan Payuyon.

“Bantuan yang dihimpun akan disalurkan ke wilayah yang tepat,” kata Vice President PKBL Pupuk Kujang, Agung Gustiawan dalam keterangan resmi yang diterima meja redaksi, Jumat (30/04/2021).

Penyerahan mushaf secara simbolis dilakukan di Musala Al Muttaqin, Kampung Pajaten, Desa Kalihurip, Cikampek. Dalam wakaf itu, dihadiri ketua majelis taklim dan aparatur desa setempat.

“Penyerahan wakaf ini sengaja dilakukan di malam Ramadan ke 17. Sebab, di tanggal itu Al-Qur’an untuk pertama kalinya diturunkan ke dunia,” katanya.

Agung mengatakan, semangat malam nuzulul quran diharapkan bisa menginspirasi ummat untuk lebih memperhatikan Al-Qur’an. Namun sayangnya, meski Indonesia adalah salah satu negara muslim terbesar, angka buta huruf Al-Qur’an di masyarakat cukup tinggi.

“Berdasarkan data Kemenag, angka buta huruf Al-Qur’an di Indonesia masih tinggi yaitu sebanyak 65 persen,” ujarnya.

Agung menambahkan, program ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perhatian dan komitmen Pupuk Kujang di bidang keagamaan.

“Wakaf ini jadi salah satu upaya Pupuk Kujang mengentaskan buta huruf Al-Qur’an di masyarakat,” kata Agung.

Program waqaf Al-Qur’an merupakan kali pertama dilakukan, namun realisasinya sudah mencapai sepertiga dari yang direncanakan. Dalam program itu, Pupuk Kujang mewakafkan Rp 30 juta dalam program 10.000 wakaf Al-Qur’an.

“Program Wakaf 10.000 mushaf Al-Qur’an sudah terealisasi sebanyak 2.835 mushaf. Sejauh ini telah disebar ke Sukabumi, Cianjur, Cirebon, Bandung dan wilayah pesisir Jawa Barat. Pesisir Karawang juga sudah,” ujar Liyan dari Baitulmaalku.

Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Pupuk Kujang berharap kegiatan waqaf Al-Qur’an dapat terus dilaksanakan. Sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya menekan angka buta huruf Al-Qur’an di Indonesia.***

Penulis: Rls/notEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version