Cegah Pemudik, Terminal Cikampek Ditutup Sementara

  • Bagikan

KARAWANG – Kondisi Terminal Cikampek Kabupaten Karawang tampak sepi. Hasil pantauan BukaBerita.com di lokasi pada Minggu 2 Mei 2021 sekira pukul 16.00 WIB, terminal yang berdekatan dengan Pasar Cikampek itu tidak ada satupun armada bus yang terparkir.

Terminal yang melayani rute akses ke Ibu Kota Jakarta ini terdampak aturan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah. Para penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus pun mengaku enggan mudik, karena takut jalan ditutup imbas dari penyakekatan jalur yang diberlakukan di berbagai wilayah.

“Mending dagang aja, saya nggak mudik tahun ini, takutnya nanti di perjalanan disuruh putar balik, lihat berita kan jalurnya disekat,” ujar Amin, pedagang asal Kabupaten Garut saat diwawancarai BukanBerita.com, Minggu (2/5/2021).

Di lokasi yang sama, Joni salah seorang supir bus perusahaan organda yang melayani rute Cikampek-Kalideres mengaku sudah beberapa hari ia tidak menerima jadwal untuk membawa penumpang.

“Bulan Ramadan sekarang rada sepi, jarang narik, semenjak Covid untuk nge-full kursi sangat susah. Tapi ada penumpang berapapun kami tetap berangkat,” tutur Joni.

Sementara, Plh. Kepala Terminal Cikampek, Saeti melalui Komandan Regu Terminal Cikampek Endang menjelaskan, Terminal Cikampek hanya melayani rute ke Jakarta dengan operasional terminal dibuka pukul 03.00 WIB sampai 14.00 WIB.

“Kalau sore sudah tidak ada armada, karena tadi keberangkatan terakhir pukul 14.00 WIB, dan Terminal Cikampek hanya ada 1 P.O bus saja,” tutur Endang.

Endang menjelaskan, pada musim lebaran tahun ini Terminal Cikampek tidak akan beroperasi selama dua pekan. Sesuai instruksi pemerintah pusat perihal ditiadakannya mudik Idul Fitri 1442 Hijriah, bahwa terminal akan ditutup sementara mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

“Kita sudah menerima instruksi dari Kementerian, bahwa Terminal Cikampek ditutup sementara pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021,” kata Endang.

Sekadar informasi, Kabupaten Karawang memiliki tiga Terminal yang difungsikan, yakni, Terminal Klari, Terminal Tanjungpura dan Terminal Cikampek.***

Penulis: KarinaEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *