Komitmen Dinkop, Dari Mulai Pembinaan Hingga Bantu Permodalan UMKM

  • Bagikan
Ade Sudiana.

KARAWANG – Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Kabupaten Karawang terus berkomitmen untuk membina dan mengembangkan produk-produk unggulan ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Upaya pembinaan dan pengembangan UMKM ini akan dilakukan secara berkesinambungan. Yaitu dari mulai pemberian pelatihan, memasarkan produk hingga memfasilitasi permodalan UMKM lewat BUMN.

“Dinas Koperasi itu membina ratusan UKM. Selain itu, kita juga berikan pelatihannya. Selanjutnya memfasilitasi permodalan ke BUMN. Kemudian kita membantu pemasarannya ada offline dan juga online,” Kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Karawang, Ade Sudiana, Kamis (6/5/2021).

Dijelaskannya, Dinkop juga sudah bekerjasama dengan minimarket, hotel, mal dan juga restoran, agar para pelaku UMKM Karawang bisa memasarkan prodaknya diberbagai sektor pasar, khususnya bertahan di masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

“Total sudah ada 11 minimarket yang bekerjasama dengan kita, sudah ada produk UMKM yang masuk dan sisanya akan menyusul setelah Hari Raya Idul Fitri nanti,” ujarnya.

Ade juga menjelaskan, sudah ada sekitar 70 produk asli UMKM Karawang yang diperjualbelikan di minimarket karena sudah lolos uji, sesuai dengan standar yang ditetapkan BPOM terkait rasa, tekstur dan ketahanannya.

“Sekitar 70 prodak yang sudah masuk, yang sesuai rasa tekstur dan ketahanannya. Karena gak mungkin yang 6 hari kadaluarsa kami pasarkan,” terangnya.

Pemasaran produk UMKM yang dibantu oleh Dinkop ini, Ade berharap para pelaku UMKM Karawang nantinya bisa naik kelas dan tetap bertahan, meski dalam situasi pandemi covid-19.

“Dengan langkah yang telah kita buat saat ini, Insya Allah UMKM kita bisa bertahan. Saat ini kita pun sedang berupaya menggodok program selanjutnya,” pungkasnya.***

Penulis: KarinaEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *