Tidak Ada Open House, Muspida pun Solat Id di Rumah Masing-masing

  • Bagikan

KARAWANG – Tidak seperti peringatan hari raya idul fitri tahun-tahun sebelumnya. Karena wabah pandemi covid-19 masih berlangsung, lebaran tahun ini tidak ada kegiatan open house di rumah dinas bupati atupun rumah dinas wakil bupati Karawang.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepulloh, saat dimintai keterangan oleh Redaksi BukanBerita.com, melalui sambungan ponsel selulernya, Rabu (12/5/2021).

“Tidak ada open house di rumah dinas untuk lebaran tahun ini. Karena kita harus tetap melakukan antisipasi pencegahan dan penyebaran covid-19,” tutur Wabup Aep.

Disampaikan Wabup, rencana awal unsur Muspida Karawang tetap akan melaksanakan solat idul fitri secara bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Namun setelah ada himbauan dari pemerintah pusat, akhirnya Muspida pun hanya akan melaksanakan solat id di rumah masing-masing.

Sementara untuk mengisi kegiatan silaturahmi perayaan idul fitri para pejabat Pemkab Karawang, pemkab hanya akan melakukan silaturahmi ‘maaf-maafan’ secara virtual ataupun daring.

“Tidak ada open house, solat id di rumah masing-masing, serta silaturahmi dilakukan secara daring, semuanya ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Karawang untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” terang Wabup Aep.

Dijelaskan Wabup kembali, tidak ada larangan dari pemerintah bagi masyarakat yang tetap akan melaksanakan solat id di masjid, musola ataupun di lapangan terbuka. Namun demikian, penerapan prokes yang ketat dan jumlah jama’ah yang hanya 50% dari kapasitas tempat harus tetap menjadi prioritas panitia pelaksanaan solat id.

“Terapkan prokes. Memakai masker, mencuci tangan, cek suhu tubuh dan jaga jarak. Lebih penting lagi kapasitas jamaah idul fitri harus 50%. Mari kita dukung upaya pemerintah di dalam memutus mata rantai covid-19 ini,” ajak Wabup.

Ditambahkan Wabup, ia juga meminta maaf dan memohon kepada masyarakat yang belum bisa melakukan mudik di lebaran tahun ini untuk lebih bisa bersabar. Konsistensi upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19 khususnya di Kabupaten Karawang saat ini, semoga di lebaran tahun berikutnya masyarakat sudah diperbolehkan untuk mudik lebaran.

“Kita juga mengerti perasaan masyarakat yang rindu dengan keluarga di kampung halaman. Tetapi semoga sabar dan solat kita bisa menahan terlebih dahulu kerinduan untuk bercengkrama dengan keluarga di luar Karawang,” timpal Wabup.

Kembali dijelaskan Wabup, hari ini Kabupaten Karawang sudah masuk ke zona orange covid-19. Hasil positif kinerja Satgas covid-19 ini harus terus dipertahankan. Bahkan harus lebih ditingkatkan. Tentunya dengan dukungan dari semua pihak yang harus tetap mematuhi setiap himbauan dari pemerintah.

Terakhir, sambung Wabup, ia menyampaikan selamat hari raya idul fitri 1442 hijriah/2021 untuk semua masyarakat khususnya umat muslim di Karawang. Meskipun euforia lebaran tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena wabah pandemi covid-19 yang masih berlangsung, namun tentu semua berharap semoga wabah covid-19 tidak mengurangi nilai kemenangan idul fitri setelah satu bulan penuh masyarakat berpuasa.

“Selamat hari raya idul fitri untuk semua masyarakat muslim Karawang. Mari kita rayakan kemenangan puasa ini dengan tetap menerapkan prokes yang ketat serta mematuhi himbauan-himbauan pemerintah lainnya. Sekali lagi saya ucapkan minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir batin,” pungkas Wabup.***

Penulis: Ade Kosasih, SEEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version