Cetak SDM Siap Kerja, Kadin Karawang Target Bangun Sekolah Politeknik

  • Bagikan

KARAWANG – Bukan hanya sekedar menciptakan iklim usaha dan investasi yang aman, nyaman dan kondusif, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karawang Masa Bakti 2021-2026 juga memiliki program kerja lain.

Diantaranya, membangun kantor baru yang representatif, kembali menggalakan program vokasi, hingga membuat Sekolah Politeknik untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) para calon naker yang siap pakai oleh dunia industri di Karawang.

Demikian disampaikan Ketua Kadin Karawang Fadludin Damanhuri, saat kesempatan kegiatan Halal Bihalal Pengurus Kadin Karawang 2021-2026, di RM Sindang Reret, Kamis (27/5/2021) siang.

Usai kegiatan halal bihalal, Fadludin Damanhuri menyampaikan, jika kegiatan halal bihalal pengurus baru Kadin Karawang ini bertujuan untuk membangun silaturahmi dan perkenalan kepada Dewan Pengurus Kadin Karawang 2021-2026 yang nantinya akan dihadirkan saat kegiatan pelantikan.

“Ketika sudah sama-sama saling mengenal, maka bagaimana caranya membesarkan Kadin untuk bisa berkontribusi positif bagi kemajuan dunia usaha dan pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang,” tutur Fadludin Damanhuri, kepada BukanBerita.com.

“Dengan adanya kebersamaan yang sudah saling mengenal, maka bisa membangun soliditas dan sinergitas untuk Kadin lima tahun ke depan,” timpalnya.

Ditambahkan Fadludin, tantangan Kadin Karawang Masa Bakti 2021-2026 ini tentunya lebih berat. Karena Kadin harus bekerja semaksimal mungkin untuk membantu pemerintah dalam upaya pemulihan kondisi ekonomi di masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

Namun demikian, target program Kadin Karawang untuk membangun Sekolah Politeknik, tentu harus terealisasi. Yaitu dengan diawali kembali digencarkannya program dan kegiatan vokasi, untuk menciptakan SDM yang siap kerja di dunia industri.

“Targetnya mudah-mudahan ke depan bisa membangun Sekolah Politeknik. Lembaga pendidikan yang bisa mencetak SDM yang sudah siap diterima pasar (industri) di Karawang,” tuturnya.

Selain program vokasi menuju pembangunan Sekolah Politeknik, Ketua Kadin Karawang yang kerap akrap disapa Kang Fadel ini berharap, semua para wakil ketua terpilih diharapkan bisa mengambil peran. Karena dengan terbitnya Undang-undang Cipta Kerja, sebenarnya banyak peluang yang bisa dimanfaatkan Kadin.

Di situ peran Kadin dengan beberapa asosiasi dan himpunan dengan menjalin sinergitas untuk bisa memberikan manfaat bagi dunia usaha dan pembangunan Pemerintah Karawang,” katanya.

Ditambahkan Fadel, kepengurusan Kadin Karawang tahun ini merupakan wajah baru, dalam arti orang-orang lama namun mewakili beberapa kerterwakilan asosiasi dan himpunan. Yaitu dari mulai Hipmi, Apec, Apindo dan asosiasi lainnya yang hampir semuanya masuk kepengurusan Kadin Karawang 2021-2026.

“Gapensi, Gapeksinas, Gapeksindo, itu semuanya sudah ada di dalam Kadin Karawang. Maka harapannya, Kadin inu bisa memberikan hal positif bagi pembangunan Karawang dan sektor dunia usaha,” tandas Fadel, seraya menjelaskan jika Kepengurusan Kadin Karawang 2021-2026 ini memiliki 102 orang yang masuk di jajaran pengurus.

Sementara terpantau, kegiatan halal bihalal Kadin Karawang di RM Sindang Reret ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Yaitu dimana kapasitas tamun undangan di dalam ruangan dibatasi hanya sampai 50% dari kapasitas aula gedung RM Sindang Reret.

Di lokasi halal bihalal juga terpantau dilakukannya kegiatan donasi ‘Peduli Palestina’ oleh Komunitas Karawang Peduli.***

Penulis: Ade Kosasih, SEEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version