Ini Penjelasan PT. Pindo Deli 2 Atas Kebocoran Gas Coustic Soda

  • Bagikan

KARAWANG – Pasca kebocoran gas klorin atau Coustic Soda di PT. Pindo Deli Pupl and Paper Mills (PT. Pindo Deli 2) yang menyebabkan ratusan warga keracunan pada Kamis (3/6/2021) kemarin siang, Head of Public Affair PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, Adil Teguh akhirnya angkat bicara.

Menurut Adil Teguh, pihaknya mengidentifikasi adanya tabung gas yang diterima dari customer bermasalah. Kemudian dilakukan proses vacum dan menetralisir dengan hypo, serta secara simultan mengalirkan air untuk menurunkan suhu pada tabung.

Namun sekitar pukul 11.15 WIB pada Kamis (3/6/2021) kemarin, lantaran suhu yang semakin panas akibat reaksi bercampurnya khlorin dan air, serta tekanan yang semakin tinggi, safety valve pada tabung klorin tidak dapat menahan tekanan dari dalam tabung.

“Kebocoran gas terjadi akibat tabung gas dari customer bermasalah. Tabung gas ditandai dengan suhu panas dipermukaan tabung, klorin yang masih di dalam tabung keluar dan dengan cepat menyebar sesuai arah angin,” kata Adil Teguh, Jumat (4/6/2021) siang.

Menurut Adil, tim keamanan pabrik segera mendatangi lokasi kejadian dan melakukan penyemprotan dengan air untuk menurunkan suhu pada tabung, serta pengamanan terhadap karyawan dan aset. Situasi sudah bisa kita kendalikan sekitar 11.21 WIB,” katanya.

Sebelumnya, Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra menyatakan, bahwa pihaknya telah memasang garis polisi atau Police Line di tempat kejadian perkara (TKP) atas bocornya pipa gas Coustic Soda milik PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills (PT. Pindo Deli 2) di Desa Kuta Mekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Police line sudah dipasang. Tidak ada kegiatan di sana sampai menunggu teman-teman dari Puslabfor Mabes Polri,” tandas Kapolres.***

Penulis: JunotEditor: -
  • Bagikan
Exit mobile version