Curhatan Petugas Kebersihan ke DPRD Karawang Direspon DLHK

  • Bagikan

KARAWANG – Curhatan atau aduan Tenaga Harian Lepas (THL) para tenaga kebersihan pengangkut sampah ke Komisi IV DPRD Karawang, langsung direspon Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang.

Sekretaris DLHK Karawang, Rosmalia menuturkan, pihaknya mempersilakan para THL kebersihan menyampaikan aspirasinya ke DPRD Karawang.

“Kita negara demokrasi, demo itu boleh saja. Perlu saya sampaikan bahwa untuk upah honorer tenaga kebersihan sudah diatur sesuai dengan standar harga yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang, pembayarannya langsung dari rekening kas daerah,” terang Rosmalia, Senin (7/6/2021).

Rosmalia juga membenarkan bahwa untuk upah sopir truk sampah sebesar Rp.64.000/hari dan untuk tenaga pengangkut sampah sebesar Rp.60.000/hari.

“Karena memang saat ini standar harga yang ditetapkan oleh Pemda Karawang sebesar itu,” tuturnya.

Sementara, terkait jaminan asuransi kesehatan untuk THL kebersihan, Rosmalia membeberkan bahwa untuk saat ini DLHK Karawang baru mengkaper asuransi ketenagakerjaan. Sedangkan untuk asuransi BPJS Kesehatan, sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa tidak diperbolehkan DLHK menganggarkan itu.

“Saat ini kami sedang berupaya dan sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, untuk pemberian jaminan asuransi kesehatan kepada THL kebersihan melalui program asuransi Karawang sehat,” pungkasnya.***

Penulis: KarinaEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *