Usai Berwisata ke Luar Karawang, Sekeluarga di Pedes Positif Covid-19

  • Bagikan

KARAWANG – Empat keluarga di Dusun Langseb II RT 004 RW 002, Desa Kertarahaja Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang, terkonfirmasi positif covid-19
usai berwisata ke luar daerah Karawang.

Akibatnya, empat keluarga tersebut kini menjalani karantina isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

Camat Pedes, Furqon Jalaludin membenarkan adanya sejumlah rumah di Dusun Langseb II Desa Kertaraharja yang terkonfirmasi Covid-19 usai hasil tes cepat antigennya dinyatakan reaktif positif.

Menurutnya, awal ketahuan sejumlah warga terpapar virus Corona ini usai salah satu keluarga yang sakit secara serentak.

“Niatnya mereka itu mau berobat sewaktu satu keluarga berjumlah enam orang sakit serentak. Namun, ketika dilakukan tes cepat swab antigen hasilnya reaktif kemudian mereka di swab PCR dan hasilnya positif Covid-19,” ungkap Furqon, Rabu (9/6/2021).

Oleh karenanya, dia bersama tim Satgas Covid-19 Kecamatan Pedes dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Kertaraharja langsung melakukan upaya tindakan tracing kontak erat terakhir dengan satu keluarga itu. Hasilnya, ada empat keluarga yang terpapar virus corona.

“Dari empat keluarga atau empat rumah di Dusun Langseb II ini ada sebanyak 10 orang warga yang terkonfirmasi positif Corona. Dan, kini statusnya mereka harus diisolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Selain melakukan tracing, lanjut Furqon, Satgas Covid-19 bersama unsur muspika Pedes beserta Pemdes Kertaraharja, langsung memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

“Upaya tindakan kami selain men-Tracking, kami memberikan obat dari Puskesmas, pemberian bantuan logistik bahan pokok untuk warga di empat rumah oleh Pemdes Kertaraharja hingga memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitarnya,” terangnya.

Furqon mengimbau, masyarakat diminta agar selalu menjalankan protokol kesehatan 5M seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi menjaga dari kerumunan agar mencegah terhindarnya dari Covid-19.

“Pandemi ini belum selesai, oleh karenanya kami meminta kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Pedes untuk menjalankan Prokes yang 5M,” imbau dia menambahkan.

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Kertaraharja, H. Yahya menjelaskan, pasca hari raya Idul Fitri 1442Hijriyah/2021 kemarin, sejumlah warganya positif Covid-19 itu ada yang mengadakan berwisata ke daerah Ciater, Kabupaten Subang dan ke tempat wisata Tangkuban Perahu, Kabupaten Bandung Barat.

“Pertama yang terkonfirmasi satu orang sehingga terjadinya klaster keluarga di sini, itu awal dari momok permasalahan penyebaran Covid-19 di Dusun Langseb II. Sehingga bukan berarti datang dari wilayah kami sebaran Covid-19-nya. Bisa jadi terpapar virus Corona dari wilayah lain,” jelasnya.

Pihaknya yang sigap untuk menangani permaslahan tersebut, untuk urusan logistik ia memberikannya ke warga yang menjalani isolasi mandiri. Adapun tindak lanjut untuk permasalahan ini, selanjutnya akan dirujuk ke rumah sakit jika tidak ada perubahan dalam 10 hari isolasi mandiri.

“Harapan kami, masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 bisa secepatnya sembuh dan penyebaran virus Corona juga tidak menjalar lagi. Pesan untuk masyarakat, harus tetap menjalankan prokes 5M, guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Desa Kertaraharja,” harap dia menegaskan.

Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya belum memberlakukan status karantina skala mikro atau Lockdown untuk warga di Dusun Langseb II, Desa Kertaraharja, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang.***

Penulis: JunotEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *