Gegara Nekad Mudik Lebaran, Ratusan Karyawan di Salah Satu Industri Positif Covid-19

  • Bagikan

KARAWANG – Diduga gegara nekad mudik lebaran tanpa menjaga protokol kesehatan (prokes), sekitar 40% karyawan salah satu industri/pabrik di Karawang positif covid-19.

Ironisnya, industri tersebut tidak melaporkan kondisi para karyawannya ke Satgas Pencegahan Penanggulangan Covid-19 Karawang.

Persoalan ini baru terungkap, saat Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dan Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh turun tangan menangani langsung kasus Covid-19 yang terjadi disalah satu perusahaan industri itu.

Agar tidak menular ke warga yang lain, Bupati Cellica langsung mengintruksikan kepada para camat hingga jajaran di bawahnya untuk segera melakukan tracking. Bukan tanpa sebab, pasalnya ratusan karyawan yang positif corona ini bermukim di 9 kecamatan yang tersebar di Karawang.

“Mulai dari camat hingga jajaran di bawah harus bertindak cepat. Kami juga menyayangkan pihak perusahaan tidak melaporkan peristiwa ini ke Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang,” tutur Cellica, saat melakukan monitoring dan evaluasi dengan Kadinkes, 9 camat dan perwakilan perusahaan, Sabtu (12/06/21) dini hari.

Disampaikan Bupati Cellica, penyebaran Covid-19 di perusahaan tersebut akibat ada karyawan yang mudik dan tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat di lingkungan perusahaan.

Atas persoalan ini, Bupati Cellica meminta agar perusahaan tersebut bertanggungjawab atas keselamatan dan kesehatan para karyawannya.

“Ini kelalaian karena pihak perusahaan tidak melaporkan ke satgas covid-19 saat ada beberapa karyawan terpapar. Saat dinyatakan positif karyawan hanya diminta isolasi di rumahnya, harusnya lapor ke kita,” katanya.

Jika tidak segera ditangani, Bupati Cellica mengaku khawatir akan terjadi penyebaran yang lebih luas lagi. Sehingga ia meminta para camat untuk segera mengambil langkah yang tepat, agar Covid-19 tidak menyebar sampai ke lingkungan tempat para karyawan itu tinggal.

“Segera lakukan 3T untuk menekan penyebarannya,” tandas bupati.***

Penulis: JunotEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version