Mal Pelayanan Publik akan Hadir di Hari Jadi Karawang

  • Bagikan

KARAWANG – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Karawang akan segera hadir di Mal Technomart Kawasan Galuh Mas dalam waktu dekat.

Dijadwalkan, MPP akan melakukan Soft Opening pada tanggal 17 Agustus 2021 dan Grand Opening pada 14 September 2021, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Karawang.

Hal ini terungkap dalam rapat kesepakatan perjanjian kerjasama antara PT. Galuh Citarum selaku pihak management dari Mal Technomart dengan Pemkab Karawang tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Mercure Hotel, Kamis (17/6/2021).

Rizki Setiawan, Property Manager Mal Galuh Mas yang menaungi Mal Technomart menyebut, berdasarkan informasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai leading sector dari Mal Pelayanan Publik, sementara ini ada 18 instansi yang akan terlibat dan masuk dalam MPP di Technomart.

Diantaranya DPMPTSP, Catpil, PUPR, DLHK, Disnaker, Dinkop, Bapenda, KPP Pratama, Imigrasi, BPN, Kepolisian, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, PDAM, PLN, KEMENAG, BJB dan BRI. Nantinya, tidak meutup kemungkinan jumlah itu akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

“Kami menyiapkan sedikitnya 710 m2 untuk kebutuhan MPP ini, dengan sarana dan prasarana sebagai penunjang yang seluruhnya kami support mulai dari tempat, meubeler dan lain-lainnya. Area Mall Pelayanan Publik ini akan dipusatkan di Mall Technomart lantai dasar,” ujar Rizki.

Disampaikan Rizki, pemkab sendiri merencanakan akan membuat program unggulan di MPP ini. Antara lain dibukanya pelayanan pada hari libur tanggal merah dan haru sabtu-minggu. Selain itu, juga diwacanakan akan ada pernikahan gratis bagi yang akadnya dilakukan di Mal Pelayanan Publik, serta dipinjamkan fasilitas kendaraan dinas Wakil Bupati untuk mempelai pengantin, dan kendaraan bus wisata kawista untuk pengiring keluarga pengantin.

Dalam hal ini, sambung Rizki, pihaknya sangat mendukung keberadaan MPP di Technomart. Sebab dapat menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak. Selain dapat membantu pemerintah daerah dalam mempermudah pemberian pelayanan publik bagi warga Karawang, keberadaan MPP ini juga dapat berpengaruh terhadap traffic pengunjung di Mal Technomart.

“Mal kami diharapkan jadi tambah ramai, sehingga tenant-tenant kami berpeluang mendapatkan potensi pembeli dari para pengunjung MPP,” imbuhnya.

Rizki berharap, keberadaan MPP di Technomart ini dapat mempermudah pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan-pelayanan publik di Karawang dan dapat mendorong masyarakat Karawang untuk datang ke Mal Technomart.

Sementara, Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri menjelaskan, MPP adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah/Swasta.

Yaitu dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman. Dengan mengintegrasikan sistem pelayanan publik, dimana pelayanan satu sama lain terdapat keterkaitan dalam satu lokasi atau gedung tertentu, yang dikombinasikan dengan kegiatan jasa dan ekonomi lainnya.***

Penulis: KarinaEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version