KKN UBP Karawang Dampingi UMKM Desa Ciptasari

  • Bagikan

KARAWANG – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang kembali melakukan agenda rutin tahunan, yaitu praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegitan KKN tahun ini dilakukan secara online, karena masih dalam pandemi covid-19.

Untuk pelaksanaan mahasiswa berkoordinasi melalui media online seperti google meet dan google zoom. Adapun tema KKN pada tahun ini bertemakan “Sinergi Membangkitkan Ekonimi Kerakyatan Di Era New Normal.

Salah satu desa yang dijadikan lokasi KKN online adalah Desa Ciptasari yang terletak di Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang. Adapun tujuan dari kegiatan KKN ini adalah melakukan pendampingan secara online dan kajian ilmiah terhadap unit usaha baik UMKM, kepariwisataan, produsen/pengrajin rumahan ataupun koperasi. Sehingga diharapkan kembali bangkit di masa New Normal.

Konveksi kain salah satu home industri yang berada di Desa Ciptasari yaitu perusahaan yang memproduksi seragam sekolah didirikan pada tahun 2009 oleh Bapak Junaedi. Dengan bermodalkan pengalaman yang dimiliki oleh Bapak Junaedi itu sendiri, perusahaan ini hanya memproduksi pesanan seragam sekolah dalam jumlah besar yang kemudian dikirim ke toko seragam sekolah yang beralamat di Jakarta.

Ketika jumah pesanan melampuwi kapasitas, Bapak Junaedi melimpahkan sebagian produksinya kepada masyarakat sekitar yang memiliki skill menjahit. Bahkan Bapak Junaedi mempasilitasi peralatan mesin jahitnya untuk mempermudah produksinya.

Untuk masyarakat yang tidak mempunyai skill menjahit beliau memberikan pekerjaan sebagai pemotong bahan, menyetrika dan packing.

Namun di masa pandemi seperti ini usaha Bapak Junaedi juga mengalami dampak buruk, seperti penurunan produksi yang disebabkan dari menurunnya jumlah pesanan.

Beilau menuturkan, usahanya sempat terhenti selama satu setengah tahun, jumah produksi yang sebeumnya mencapai ± 2500 pcs perminggu menjadi 1120 pcs perminggu.

Beliau berharap pademi ini segera berakhir, sehingga usahanya berjalan kembali normal seperti sediakala.***

Penulis: RilisEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *