Sumringah Anak Yatim di Santunan Masjid Al-Mu’awanah

  • Bagikan

KARAWANG – Ratusan anak yatim di lingkungan DKM Masjid Al-Mu’awanah Desa Sukamerta Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang terlihat senyum sumringah, saat mendapatkan santunan di kegiatan peringatan 10 Muharram 1443 Hijriah, Kamis (19/8/2021).

Selain dihadiri oleh Bhabinkamtibmas dan kepala desa setempat, peringatan 10 Muharram ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh agama seperti Pimpinan Pondok Pesantren Annihayah Rawamerta, KH. Tatang Syihabudin, hingga tausiyah yang disampaikan oleh KH. Abdurrahman.

Dalam sambutannya, Panitia Penyelenggara Santunan, Ustadz Ahmad Sobari menyampaikan, ada sekitar 148 yatim piatu yang mendapatkan satunan di kegiatan 10 Muharram ini. Ia berharap, kegiatan santunan seperti ini bisa lebih besar lagi. Karena ternyata masih banyak anak yatim di lingkungan pondok pesantren yang belum tersentuh.

“Panitia mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran tokoh ulama, pemerintahan dan tokoh masyarakat di kegiatan hari ini,” tutur Ustadz Sobari.

“Hatur terima kasih juga kepada para donatur yang sudah menyumbangkan hartanya untuk acara santunan ini. Kami hanya bisa berdoa, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan bapak-ibu semuanya,” timpalnya.

Tausiyah KH. Abdurrohman.

Sementara dalam tausiyah-nya, KH. Abdurrahman menyampaikan, di syurga nanti ada tempat yang dinamakan ‘darul faroh’. Yaitu tempat khusus bagi orang-orang yang suka membahagiakan anak yatim.

Terlebih kata Rasulullah SAW, sambung Ajengan Anom/Oman (sapaan akrab kiyai), setiap umat-ku yang membahagiakan dan memelihara anak yatim, maka akan bertetangga dengan Rasulullah di syurga nanti sedekat antara telunjuk dan jari tengah.

“Kemudian, setiap orang yang bersedekah di Asyura (10 Muharram), maka sama halnya bersedekah setiap hari,” terang Ajengan Oman.

Untuk diketahui, kegiatan santunan anak yatim ini rutin digelar DKM Masjid Al-Mu’awanah. Mininalnya setahun dua kali, yaitu di Bulan Suci Ramadhan dan Bulan Muharram.

Sementara di kesempatan santunan yatim 10 Muharram ini, DKM Masjid Al-Mu’awanah dibanjiri para donatur. Salah satunya dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang turut hadir langsung dalam kegiatan santunannya.***

Penulis: Ade Kosasih, SE
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *