Jabar Nol Zona Merah, Semoga Aktivitas Sosial-Ekonomi Kembali Normal

  • Bagikan

TERHITUNG Senin (23/8/2021), Jawa Barat merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang diklaim nol zona merah.

Demikian disampaikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, saat pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, ketika meninjau Sentra Vaksinasi, dilansir dari PikiranRakyat.com.

Jika sebelumnya keterisian rumah sakit sudah mendekati angka 90% lebih, bahkan hingga membuat sejumlah hotel dan rumah kontrakan disulap menjadi tempat untuk isolasi mandiri, tetapi sudah dua minggu ini Jabar satu-satunya provinsi yang tidak ada zona merah, BOR 24%, kasus covid-19 terus menurun.

Kabar baik tentang penyebaran dan penularan covid-19 ini seakan memberikan harapan baru, bahwa masyarakat berharap Jabar tanpa zona merah ini membuat kondisi aktivitas sosial dan ekonomi kembali normal.

Tak ada lagi larangan kegiatan peringatan hari besar keagamaan. Tak ada lagi larangan peringatan hari besar nasional. Tak ada lagi larangan resepsi pernikahan. Hingga tak ada lagi pembatasan waktu dan aktivitas berjualan bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL).

Target vaksinasi nasional hingga akhir tahun 2021 tentu menjadi kunci utama, dimana covid-19 diharapkan sudah tidak lagi menjadi pandemi yang mengerikan. Hal inilah yang kemudian membuat Ridwan Kamil ‘menitip pesan’ kepada Sandiaga Uno, bahwa suplay 15 juta dosis vaksin setiap bulannya untuk Jawa Barat harus terpenuhi.

Lebih dari itu, tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) harus lebih ditingkatkan. Meskipun terkadang kita masih sering melihat adanya kerumunan di kegiatan sentra vaksin yang digelar di ruang publik ataupun di setiap puskesmas.

Intinya, apresiasi setinggi-tingginya kita berikan kepada Pemprov Jabar dan setiap pemerintah daerah yang masih ‘comel’ kepada masyarakatnya dalam menerapkan prokes. Lebih dari itu, apresiasi setinggi-tingginya juga kepada masyarakat yang masih taat dan patuh dalam menjalankan prokes. Minimalnya selalu menggunakan masker setiap kali beraktivitas di luar rumah.***

Penulis: Ade Kosasih, SEEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *