23 Kali Beraksi sampai Korbannya Tewas, Kawanan Curas asal Bekasi Akhirnya Dibekuk Polisi

  • Bagikan

KARAWANG – Setelah 17 kali beraksi di Kabupaten Karawang dan 6 kali beraksi di Kabupaten Karawang, akhirnya tiga pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis kejahatan jalanan di malam hari ini diringkus Tim Buser Unit Reskrim Polsek Karawang Kota.

Ketiganya diringkus usai melancarkan aksi penjambretannya yang mengakibatkan korbannya tewas seketika di Jalan Pangkal Perjuangan (Bypass Karawang), atau lebih tepatnya di depan PT. ADW, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, pada Minggu (05/09/2021) malam.

Tiga pelaku yang diamankan yaitu berinisial AAD (37), CM (26) dan AR (35). Ketiganya merupakan warga Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Mereka ditangkap pada Kamis (09/09/2021), atau tiga hari setelah melakukan aksi kejahatan curas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban penjambretan yang tewas itu bernama Pipin Oktaviana (26). Korban merupakan seorang warga asal Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), yang mengontrak di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi-Jawa Barat.

Kronologis kejadiannya, saat itu korban bersama suami dan anaknya pulang dari kawasan Galuh Mas Karawang setelah membeli perhiasaan. Kendaraan korban diikuti para pelaku yang menggunakan dua sepeda motor.

Kemudian setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), seorang pelaku berinisial AR menarik tas korban sampai motor yang dikemudikan suaminya itu terjatuh.

Akibatnya, korban terluka di bagian hidung hingga mengeluarkan darah (luka dalam) dan tidak lama korban meninggal dunia. Anak korban juga mengalami luka di bagian pelipis mata. Sedangkan para pelaku berhasil membawa tas milik korban.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan pemeriksaan terhadap para saksi-saksi di sekitar TKP, akhirnya identitas para pelaku berhasil terungkap. Kemudian polisi melakukan pengejaran kepada pelaku hingga berhasil diringkus Tim Buser Polsek Karawang Kota.

Para pelaku diringkus polisi yang menyamar menggunakan pakaian preman di rumah masing-masing pelaku di beberapa wilayah di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

“Kita lakukan pemeriksaan kepada mereka, dan ketiga pelaku ini mengakui perbuatannya yang dimana sudah melakukan curas spesialis jambret terhadap korban,” tutur Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono yang didampingi Wakapolres Karawang, Kompol Ahmad Faisal Pasaribu dan Kapolsek Karawang Kota, Kompol Suparno, beserta Kanit Reskrim Polsek Karawang Kota, AKP Adis Iskandar, saat menggelar konferensi pers pada Sabtu (11/09/2021).

“Dari pengakuan mereka juga, rupanya mereka telah melakukan aksi kejahatan malamnya sebanyak 17 kali di Kabupaten Karawang dan 6 kali di Kabupaten Bekasi. Kami juga sedang melakukan identifikasi korban-korbannya untuk dimintai keterangannya,” timpal kapolres.

Para pelaku yang kerap beraksi pada malam hari ini, ketiganya juga sering melancarkan aksi kejahatan malamnya di lokasi berbeda seperti di Jalan Baru Lingkar Luar Karawang yang kondisi jalanannya sedang sepi dan kurangnya penerangan (gelap).

Adapun barang-barang hasil kejahatan para pelaku, digunakan untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

“Barang bukti yang diamankan dari ketiganya yaitu satu ponsel, satu sepeda motor milik korban, dan dua sepeda motor milik pelaku yang kerap dipakai mereka untuk melancarkan aksinya,” terang kapolres.

Kini akibat perbuatannya, para pelaku dikenai Pasal 365 KUHPidana, dengan ancaman hukuman kurungan penjara minimal selama 7 tahun.***

Penulis: JunotEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version