520 Produk UMKM Dipromosikan di Bazzar Resinda Park Mal

  • Bagikan

KARAWANG – Masih dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Karawang ke-388 tahun, sederet event terus digelar Pemkab Karawang. Termasuk oleh Dinas Koperasi (Dinkop) Kabupaten Karawang yang mengadakan Bazzar UMKM di Resinda Park Mal di Karawang Barat.

Bazzar UMKM tersebut mulai dibuka pada tanggal 23-26 September 2021. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrchadiana didampingi Kepala Dinas Koperasi Ade Sudiana mengatakan, bazar UMKM ini masih dalam rangkaian acara HUT Karawang. Dikarenakan keterbatasan mempromosikan secara massal akibat adanya pandemi Covid-19.

“Empat hari kami akan menggelar bazzar ini, dengan harapan bisa memulihkan perekonomian pasca pandemi Covid-19,” kata Bupati kepada awak media, Kamis 23 September 2021.

Dijelaskan Teh Celli (sapaan akrab), Dinas Koperasi dan UMKM bukan hanya memfasilitasi pemasaran UMKM saja, tetapi juga permodalan dalam bentuk barang (bukan uang).

“Kita upayakan membantu UMKM lokal Karawang termasuk dalam hal bahan baku, barang dan proses produksinya. Sehingga salah salah program kerja kami dalam pemberdayaan UMKM terlaksana sesuai dengan yang diharapkan,” kata Teh Celli.

Sementara itu, Ketua Forum Wirausaha Interasih Karawang (Forwika) Asep Mulyan menjelaskan, pada hari ini merupakan pembukaan acara bazzar UMKM yang ada di Kabupaten Karawang.

Ia juga mengatakan, acara tersebut nantinya tidak hanya bazzar saja. Namun ada temu bisnis dengan seluruh Ketua Koperasi Karyawan yang ada di Karawang, dengan harapan kedepannya produk UMKM akan masuk ke pasar Koperasi Karyawan.

“Jadi para ketua koperasi yang ada di Karawang kita undang ke sini untuk temu bisnis dan melihat produk-produk UMKM,” Ujar Asep di lokasi Bazzar.

Asep menuturkan, bazzar sekarang ini diikuti oleh enam dinas dan Forwika yang menggabungkan seluruh asosiasi, komunitas maupun organisasi yang bergerak di UMKM.

“Jadi berbagai binaan dari dinas-dinas, itu mereka ada UMKM-UMKM binaannya kita satukan dengan satu wadah di Forwika ini,” imbuhnya.

Masih dikatakan Asep, untuk produk yang dipasarkan di bazzar ini ada sekitar 520 item dan sekitar 210 UMKM yang ikut dalam bazzar UMKM ini. Dikarenakan keterbatasan tempat, maka yang dipasarkan melalui bazzar ini merupakan produk unggulan saja.

“Semua UMKM bisa ikut di sini mulai dari makanan, minuman, kerajinan, dan rajut,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya bazzar UMKM ini bisa memperkenalkan produk-produk UMKM ini kepada masyarakat Kabupaten Karawang dan bisa memulihkan perekonomian masyarakat.***

Penulis: KarinaEditor: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *