‘Kemiskinan’ Masuk dalam Tema Peringatan Hari Santri Nasional di Karawang

  • Bagikan
Pengurus PCNU Karawang sedang menggelar konferensi pers Peringatan Hari Santri Nasional.

KARAWANG – ‘Karawang Miskin Ekstrem’ masih menjadi topik perbincangan utama masyarakat Kota Pangkal Perjuangan. Termasuk dalam kesempatan peringatan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2021, panitia penyelenggara peringatan Hari Santri Nasional juga memasukan tema ‘kemiskinan’ dalam salah satu sapta lomba yang akan diikuti para santri.

Lomba pidato dalam peringatan Hari Santri Nasional yang digelar Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Karawang ini mengambil tema “Peran Santri Dalam Pengentasan Kemiskinan”.

Sementara itu, berbagai sapta lomba lain juga bisa diikuti para santri. Diantaranya Qiroatul Kutub, pidato kebangsaan, lomba qosidah, lagu wajib mars Subbanul Wathon, Solawat Asyghil dan Solawat Jibil.

Berbagai macam sapta lomba ini akan digelar selama 3 hari, yaitu 22-25 Oktober 2021. Perlombaan di peringatan Hari Santri Nasional ini juga boleh dikuti oleh pelaja umum (tidak hanya santri).

Yang lebih menariknya, akan ada pameran ekonomi kreatif para santri yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karawang.

Diharapkan, berbagai macam sapta lomba ini dapat menjadi wadah para santri dan pelajar di Karawang dalam mengembangkan kreativitas.

Terlebih, berbagai macam sapta lomba ini bukan hanya digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Masional. Melainkan juga kegiatan syukuran Harlah PCNU ke-84 tahun yang jatuh pada tanggal 25 Oktober.

“Semoga perlombaan-perlombaan ini menjadi wadah para santri dan pelajar di dalam mengembangkan kreativitasnya, khususnya santri dan pelajar Nahdatul Ulama,” tutur Ketua Panitia Penyelenggara Peringaan Hari Santri Nasioal, Ustadz Anwar Hilmi, Rabu (13/10/2021).

Di kesempatan yang sama, Panglima Santri Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden RI, Jokowi-Ma’ruf Amin yang telah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Karena masih dalam situasi pandemi covid-19, sambung Kang Jimmy, peringatan Hari Santri Nasional tahun ini sengaja digelar secara sederhana.

“Tetapi kita berharap kesederhanaan dengan berbagai sapta lomba yang digelar nanti tetap menjadi wadah pengembangan kreativitas para santri dan pelajar di Karawang,” tutur Kang Jimmy, yang masih merupakan Mustasar PCNU Karawang.***

Penulis: Ade Kosaih, SEEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version