Marak Tawuran dan Balap Liar, Siswa Bandel ‘Digembleng’ TNI-Polri

  • Bagikan

KARAWANG – Menyikapi aksi tawuan antar pelajar hingga balap liar yang kembali marak terjadi di tengah Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang sudah mulai diberlakukan di sekolah, aparat TNI dan Kepolisian kembali terjun ke lapangan.

TNI-Polri bukan hanya datang ke setiap sekolah untuk melakukan pembinaan. Melainkan juga melakukan penataran kedisiplinan, bela negara dan wawasan kebangsaan selama satu pekan di Makodim Karawang.

Sedikitnya ada 100 pelajar dari 30 sekolah tingkat SMP, SMA/SMK di Karawang yang mengikuti penataran ini. Mayoritas siswa yang ‘digembleng’ ini adalah siswa yang memiliki catatan khusus di masing-masing sekolah (siswa bandel, red).

Dengan instruktur anggota TNI langsung, para siswa bandel ini tidak hanya dilatih kekuatan fisik semata. Melainkan juga dilatih kekuatan mental, guna terbentuk karakter dan kepribadian yang bertanggungjawab, agar ke depan para siswa ini tidak lagi melakukan aksi-aksi yang mengganggu Kamtibmas dan merugikan masyarakat.

“Selain latihan fisik, mereka juga mendapatkan latihan lain untuk membentuk mental dan karakter yang bertanggungjawab dan tidak merugikan orang lain,” tutur Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi Haryo Wibowo, Rabu (13/10/2021).

Siswa Tawuran akan Dipidana

Dikesempatan yang sama, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono menambahkan, untuk mengantisipasi tindakan mengganggu Kamtibmas yang dilakukan oleh pelajar, pihaknya telah mengerahkan Polsek untuk berkoordinasi dengan camat, Danramil dan satgas pelajar untuk lebih aktif melakukan sosialisasi dan kampanye, agar tidak ada lagi balap liar, dan tindakan merugikan lainnya.

Kapolres juga menegaskan, kepolisian akan memproses setiap kenakalan siswa di jalanan yang terbukti masuk dalam ranah pidana.

“Kita juga bakal proses bagi pelajar yang memang terbukti melakukan tindak pidana. Ini untuk efek jera, agar tidak ada lagi tawuran  dan balap liar, bahkan penyalahgunaan obat-obatan terlarang,” tegasnya.***

Penulis: Diskominfo Karawang/Ade Kosasih, SEEditor: ADK
  • Bagikan
Exit mobile version