Bantu Warga Miskin, Jurnalis Karawang Serahkan Bantuan Hasil ‘Ngencleng’ ke MRI & ACT

  • Bagikan

KARAWANG – Untuk membantu warga miskin di Kabupaten Karawang, para awak media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Karawang (FJK) menitipkan sumbangan hasil ‘ngencleng’ di jalan kepada lembaga Masyarakat Relawan Indonesia dan Aksi Cepat Tanggap (MRI & ACT).

Sebelumnya, menyikapi Kabupaten Karawang yang masyarakatnya masuk kategori warga miskin ekstrem di Jawa Barat, ratusan jurnalis yang tergabung dalam FJK melakukan aksi sosial turun ke jalan untuk ‘ngencleng’.

Aksi sosial ini dilakukan para kuli tinta yang merasa miris melihat kondisi perekonomian masyarakat Kota Lumbung Padi, khususnya di tengah situasi pandemi covid-19.

“Hasil ngencleng di jalan ini saya percayakan kepada MRI & ACT untuk kemudian disalurkan kepada warga miskin. Semoga aksi-aksi sosial seperti ini dapat diikuti oleh komunitas lain. Karena masih banyak sodara kita yang membutuhkan uluran tangan,” tutur Ketua FJK, Rudi Setiawan, Rabu (3/11/2021).

Patnership MRI & ACT, Dede Lukman menjelaskan, rencananya sumbangan dari FJK ini akan disalurkan kepada warga miskin dengan dikemas program bazar sembako murah yang digelar di desa tertentu.

“Nanti kita tunjuk satu desa yang memang warganya membutuhkan sembako murah. Hasil keuntungan dari bazar sembako murah ini nanti akan kita gulirkan kembali untuk program berikutnya. Artinya, supaya program untuk membantu warga miskin ini bisa berkesinambungan,” terang Lukman.

Di kesempatan yang sama, Notulen Presidium FJK, Ade Kosasih menambahkan, banyak cara yang bisa dilakukan para jurnalis di Karawang untuk menyikapi status ‘Karawang Miskin Ekstrem’.

Selain melalui pemberitaan, agar pemerintah daerah lebih serius lagi di dalam menyelesaikan persoalan kemiskinan, para kuli tinta juga bisa bergerak langsung turun ke jalan untuk mengumpulkan sumbangan dari para dermawan.

“Intinya Karawang ini milik kita bersama, senasib sepenanggungan. Jadi apabila ada warga yang membutuhkan uluran tangan, ya termasuk awak media pun bisa bergerak untuk menciptakan beberapa solusi,” tandasnya.***

Ket foto : Notulen Presidium FJK, Ade Kosasih saat melakukan simbolis penyerahan bantuan kepada Patnership MRI & ACR, Dede Lukman.

Penulis: Junot
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *