Komisi I Janji Evaluasi Wisata Kolam Renang Maut, “Bila Perlu Kita Sidak”

  • Bagikan

KARAWANG – Tidak berbeda jauh dengan sikap yang disampaikan Komisi IV yang menyesalkan adanya peristiwa bocah meninggal di tempat wisata kolam renang, Komisi I DPRD Karawang juga berjanji akan mengevaluasi beberapa wisata kolam renang maut di Karawang yang telah menakan korban jiwa.

Ketua Komisi I DPRD Karawang, Budianto mengatakan, kembali terjadinya peristiwa bocah meninggal di tempat wisata kolam renang ini merupakan salah satu kelemahan pengelolaan pariwisata di Karawang, khususnya pariwisata kolam renang swasta yang sifatnya komersil.

Menurut Budi, sudah beberapa kali Komisi I menggelar Rapat Dengan Pendapat (RDP) dengan DPMPTSP, Disparbud, serta beberapa OPD lain yang kaitannya dengan perizinan dan pengelolaan pariwisata.

Namun rapat evaluasi itu seakan tak membuahkan hasil, setelah melihat fakta di lapangan kembali terjadinya wisata kolam renang yang memakan korban jiwa.

“Peristiwa ini (bocah meninggal tenggelam di kolam renang) memang sudah takdir Tuhan. Tapi sudah seharusnya ada evaluasi pengelolaan wisata kolam renang sebagai bentuk ikhtiar kita, agar ke depan kejadiannya tidak terulang lagi,” tutur Budianto.

“Saya sangat menyayangkan beberapa pihak yang diduga akibat kelalaian atas peristiwa ini. Seharusnya setiap pengelola wisata kolam renang lebih mengedepankan safety bagi para pengunjung,” timpal Ketua Fraksi Demokrat ini.

Atas peristiwa ini, Budi menegaskan jika Komisi I akan kembali melakukan evaluasi perizinan dan pengelolaan pariwisata, khususnya wisata kolam renang melalui rapat komisi.

“Kita akan bahas kembali evaluasi ini dirapat komisi. Beberapa pihak akan kita undang kembali. Bila perlu akan kita sidak beberapa wisata kolam renang yang pernah memakan korban jiwa,” tegas Budi.

“Saya juga menghimbau kepada pengusaha kolam renang yang lain agar lebih hati-hati lagi dalam setiap pengawasan pengunjung. Jangan sampai karena faktor kelalaian, kemudian timbul lagi korban jiwa,” pungkas Budi.***

Penulis: Ade Kosasih, SE
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *