Mencekam, Ormas-LSM di Karawang Kembali Bentrok

  • Bagikan

KARAWANG – Bukan kali pertama. Diduga akibat rebutan pengelolaan limbah ekonomis di salah satu pabrik/industri di Kabupaten Karawang, dua kubu Ormas-LSM bentrok di Jalan Interchange Karawang Barat, tepatnya di depan Hotel Resinda, sekitar pukul 12.00 WIB, Rabu (24/11/2021).

Insiden ini sempat membuat situasi di wilayah perkotaan Karawang mencekam. Pasalnya, beredar foto-foto dan video di media sosial maupun pesan whatsapp, yaitu dimana beberapa anggota Ormas-LSM membawa senjata tajam dari mulai golok hingga samurai.

Belum diketahui adanya korban jiwa atau tidak atas insiden ini. Tetapi pihak kepolisian melaporkan, ada tiga anggota LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) yang mengalami luka-luka dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Kemudian, satu unit mobil merk Brio dengan nomor polisi S 1724 BB bertuliskan keluarga besar GMBI Distrik Rembang hancur dirusak massa.

“Ada 3 orang luka-luka dan sekarang dirawat di rumah sakit,” kata Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, saat ditemui di lapangan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, bentrokan bermula saat anggota GMBI dari Jakarta hingga Jawa Tengah datang ke Karawang untuk berdemonstrasi dan menyampaikan aspirasi ke PT. Ichie Industri di kawasan KIIC.

Anggota GMBI yang datang dari Jawa Tengah salah arah menuju wilayah Karawang Kota, sehingga bertemu dengan massa aliansi Ormas Karawang yang awalnya sempat berkumpul di Lapangan Karangpawitan. Kemudian terjadilah keributan di depan Hotel Resinda.

Petugas kepolisian yang mencoba mengamankan situasi sempat kewalahan, karena kalah jumlah massa. Beruntung, tidak lama kemudian datang pasukan Brimob dengan Barakuda datang menghalau gelombang massa yang datang dari arah perkotaan.

Untuk mengamankan situasi dan membubarkan massa, sekitar 600 personel kepolisian diterjunkan.

Massa dari GMBI yang sudah berkumpul di pintu masuk KIIC dan berencana akan merangsek ke wilayah perkotaan, beruntung dapat diredam kapolres. Sehingga sekitar pukul 17.30 WIB, situasi mulai kembali kondusif.

Atas insiden ini, Kapolres Karawang berjanji akan menindak tegas kepada siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran pidana..

Oleh karenanya, AKBP Aldi Subartono meminta kepada semua Ormas-LSM di Karawang untuk bisa menjaga kondusivitas.***

Penulis: ADK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *