Tantangan Besar Kadin Karawang, Pulihkan Kondisi Ekonomi di Tengah Pandemi

  • Bagikan

KARAWANG – Tantangan besar sedang dihadapi kepengurusan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang masa bhakti 2021-2026. Bagaimana tidak, dalam kondisi pandemi covid-19, Kadin Karawang tidak hanya sekedar didorong untuk membantu pemerintah dalam menciptakan iklim usaha (investasi) yang kuat, berdaya cipta dan berdaya saing tinggi.

Lebih dari itu, eksistensi Kadin Karawang juga diharapkan mampu memulihkan kondisi perekonomian di tengah kota industri yang sedang terpuruk, akibat dua tahun lebih dihantui dampak ekonomi pandemi.

Oleh karenanya, salah satu pesan yang disampaikan Ketua Kadin Jawa Barat, H. Cucu Sutara saat kegiatan pelantikan Kadin Karawang di hotel SwissBelinn Karawang pada Sabtu (18/12/2021) kemarin, adalah bagaimana caranya peran Kadin Karawang tidak hanya sebatas memerangi pandemi covid-19. Lebih dari itu, pemulihan kondisi ekonomi pasca pandemi yang tidak jauh lebih penting.

Sebagai ‘Kota Cantik’, kata H. Cucu, banyak pengusaha besar yang tertarik untuk berinvestasi di Kabupaten Karawang. Sehingga dalam posisi ini, Kadin Karawang dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Karawang untuk menciptakan iklim usaha yang aman dan nyaman.

Selebihnya, Kadin Karawang juga diingatkan kembali untuk tidak melupakan peranan dan pembinaan UMKM, sebagai ujung tombak pemulihan kondisi ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

Kemudian, peningkatan kualitas SDM, baik di internal maupun di eksternal Kadin juga perlu ditingkatkan, agar ke depan Kadin dan para pelaku usaha di Karawang mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha di kabupaten/kota lain.

“Saat ini Kabupaten Karawang sudah menjadi kabupaten/kota yang cantik, memiliki daya tarik yang tinggi untuk menarik semua orang yang ingin berinvestasi di Karawang. Maka, Kadin Karawang harus bekerjasama dan berkolaborasi untuk menghubungkan semua pihak,” kata H. Cucu Sutara.

Kehadiran Anggota Dewan Kehormatan di pelantikan Kadin Karawang.

Hal senada disampaikan Dewan Kehormatan Kadin Karawang, Ihsanudin yang berharap, agar Kadin Karawang lebih fokus dalam peningkatan kualitas dan kuantitas ekonomi masyarakat. Karena sebagai pelopor pertumbuhan ekonomi, Kadin harus mampu menjadi fasilitator para pengusaha UMKM dan industri, agar kembali bangkit dan hidup dari keterpurukan akibat dampak pandemi.

“Kadin Karawang memiliki peran kepeloporan pertumbuhan ekonomi, apalagi kondisi dunia usaha sedang tidak menentu akibat pandemi Covid-19. Jajaran pengurus harus berada di garda terdepan untuk mewadahi dan memfasilitasi para pengusaha mereka agar hidup kembali dari keterpurukan,” kata Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra ini.

Di kesempatan yang sama, Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri yang mewakili kehadiran Bupati Karawang menyampaikan kesiapan pemkab, untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Kadin Karawang di dalam mengembangkan dan memajukan pertumbuhan ekonomi di Kota Lumbung Padi. Baik itu dari sektor UMKM maupun industri.

“Kita berharap untuk ke depannya Kadin Karawang lebih bisa bersinergis dengan seluruh kalangan industri dan para pelaku usaha di Kabupaten Karawang,” kata Sekda.

Sementara, Ketua Kadin Karawang, Fadludin Damanhuri menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan pelantikan kepengurusan Kadin hingga berjalan sukses.

Lebih dari itu, Fadludin juga berterimakasih kepada beberapa institusi yang telah melakukan penandatanganan MoU untuk mendukung program-progran Kadin Karawang dalam lima tahun ke depan.

“Beberapa MoU ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa Kadin Karawang bisa bersinergi, selaras, dan sejalan dengan program-program pembangunan yang ada di Kabupaten Karawang,” tandasnya.***

Penulis: Ade Kosasih, SE
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *