Prestasi di Tengah Pandemi PERUMDAM Tirta Tarum

  • Bagikan

KARAWANG – Transformasi yang dilakukan di PDAM Tirta Tarum Karawang mulai membuahkan hasil, setelah akselerasi pada tahun sebelumnya, maka tahun 2020 semakin menunjukkan jatidirinya sebagai perusahaan yang sehat dan baik.

Meskipun dilanda pandemic covid-19 selama tahun 2020, PDAM Tirta Tarum Karawang tetap eksis sebagai Perusahaan sehat dengan audit kinerja indikator PUPR 3.17 dan indikator BPKP 59.30.

Sementara laporan keuangan menunjukkan laba dan asset meningkat 7-8 %. Pada tahun 2020 perusahaan berhasil membukukan laba bersih Rp 4.38 Milyar dan setoran PAD sebesar Rp 2.4 Milyar. Setoran deviden ini diserahkan secara simbolis oleh Dirut M Sholeh kepada Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana pada acara Rapat Umum tanggal 22 Desember 2021.

Dengan demikian di era direksi ini telah menyelesaikan PAD 5 tahun sekaligus dari 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, meskipun baru memimpin 3 tahun sejak 2018.

Demikian juga capaian sambungan rumah (pelanggan) meningkat 9.3% dari tahun 2019 sebanyak 85.173 SR menjadi 93.140 SR pada tahun 2020, bahkan capaian ini tembus 100.000 SR (pelanggan) pada minggu lalu.

Tidak mudah capaian target ditengah pandemi covid-19, tetapi dengan tekad dan semangat tinggi target itu bisa dicapai lebih cepat.

Hal itulah yang sangat disyukuri oleh seluruh jajaran Perumdam Tirta Tarum Karawang. Bupati dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengapresiasi atas capaian yang diraih oleh PDAM/Perumdam Tirta Tarum Karawang, namun jangan berpuas diri dan tetap meningkatkan layanan yang terbaik kepada seluruh lapisan masrarakat Karawang.

Transformasi & Tantangan Pada tahun 2020 pula ditandai dengan transformasi perubahan dari PDAM menjadi Perumdam Tirta Tarum Karawang dan Perda perubahan tersebut akhirnya secara resmi berubah dengan terbitnya Perda Karawang No 3/2021.

Dengan berubahnya status PDAM menjadi Perumdam semakin mengukuhkan perusahaan plat merah milik Pemda Karawang, agar semakin meningkatkan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakat.

Berbagai konsekuensi perubahan status ini pula perlu segera disesuaikan beberapa legalitas dan peraturan baik perbup, perdir maupun turunannya seperti SOTK, SOP, Business Plan dan lain-lain. Untuk itu tim Perumdam Tirta Tarum bersama Pemda dan Dewas telah melaksanakan ketentuan tersebut secara bertahap.

Dan yang lebih menggembirakan proses transisi tersebut mendapatkan pendampingan baik dari USAID IUWASH Plus, water.org dan kementerian PUPR, BPKP maupun tim manajemen internal perusahaan.

Tantangan ke depan adalah peningkatan pelayanan 4K yaitu Kuantitas, kualitas, kontinyuitas dan keterjangkauannya ditengah berbagai masalah baik dari infrastruktur perpipaan yang tua/lama, tarif yang masih stagnan, kemampuan pengembangan jaringan, kebocoran dan lain-lain.

Namun usaha perbaikan tetap ditingkatkan melalui washout yang diperbanyak dan langkah-langkah teknis lainnya. Bahkan manajemen sudah mencanangkan tahun 2022 sebagai tahun kualitas.

Kado Akhir Tahun 2021. Satu lagi kado akhir tahun dari Perumdam Tirta Tarum untuk Karawang. Setelah pencapaian tembus 100.000 pelanggan yang belum sepekan diraih, kini Perumdam Tirta Tarum kembali diganjar Top Digital Awards 2021. Tak hanya satu kategori, tetapi dua kategori sekaligus untuk korporasi, yaitu Kategori Top Digital Implementation2021 #Level Bintang 4 atas nama Perumdam Tirta Tarum Karawang dan kategori Top Leader on Digital Implementation 2021 atas
nama Dr. M Sholeh Direktur Utama Perumdam Tirta Tarum.

Penghargaan ini diberikan oleh IT Works dalam Acara Puncak Penghargaan Top Digital Awards 2021 yang dilaksanakan di Jakarta, 21 Desember 2021 yang bertajuk Accelerating Digital Transformation in Business & Government yang dihadiri secara virtual oleh Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dan pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual, sekaligus sebagai Keynote Speech dalam acara tersebut.

Selama setahun terakhir ini Perumdam Tirta Tarum Karawang bertubi-tubi diganjar 7 penghargaan, baik Best Leadership & Professional, Top BUMD Award 2021 bintang 4, Top CEO BUMD Award, Top Pembina BUMD 2021, Best Choice BUMD Award 2021 dan Top Digital Awards 2021 untuk 2 kategori sekaligus untuk Top Digital Implementation dan Top Leader.

Belum lagi Achievement dari lembaga-lembaga donor seperti USAID IUWASH Plus SECO dari pemerintah USA dan Swiss, Water.org dan lain-lain. Dan Kado akhir tahun yang cukup membanggakan lagi adalah pada minggu lalu Perumdam Tirta Tarum telah tembus 100.000 pelanggan yang syukurannya juga dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati H Aep Saepuloh SE.

Lebih lanjut M. Sholeh menyampaikan tekadnya untuk terus meningkatkan kinerjanya di masa yang akan datang. Tekadnya untuk meningkatkan customer satisfaction (kepuasan pelanggan) khususnya dalam hal 4 K yaitu Kuantitas, Kualitas, Kontinyuitas dan Keterjangkauan bidang air bersih dan air minum untuk seluruh masyarakat Karawang.***

Penulis: Rilis/ADK
  • Bagikan
Exit mobile version