12 Warga Binaan Lapas Kelas II A Karawang Dapat Remisi Natal

  • Bagikan

KARAWANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang memberikan remisi hari natal 2021 kepada kepada 12 warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II A Karawang, Lenggono Budi mengungkapkan, remisi diberikan karena warga binaan beragama nasrani tersebut dinilai berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman.

“Hari ini bertepatan dengan perayaan Natal, kami telah memberikan remisi khusus kepada 12 napi yang beragama Nasrani, yang menjalani pidana di Lapas Karawang,” ucap Lenggono Budi, kepada awak media di Lapas Kelas II A Karawang, Sabtu 25 Desember 2021.

Dijelaskannya, dari total 33 orang beragama nasrani, sebanyak 12 warga binaan mendapat remisi khusus 1 (RK-1), yaitu dimana masa pengurangan hukumannya bervariatif.

“Paling sedikit 15 hari, paling tinggi 2 bulan, sesuai dengan ketentuan setiap peringatan hari besar pemerintah memberikan remisi, seperti halnya remisi khusus natal di tahun 2021 ini,” terangnya.

Budi menerangkan, remisi ini tidak serta merta langsung diberikan, warga binaan harus berkelakuan baik selama menjalani tahanan, sekurang-kurangnya selama 6 bulan serta memenuhi aspek administratif dan substantif.

“Ini salah satu hak warga binaan untuk mendapat remisi. Dan ini bersyarat, misalnya harus berkelakuan baik minimal selama 6 bulan,” kata dia.

Adanya pemberian remisi ini dapat memotivasi para warga binaan untuk terus berbuat baik dan tidak mengulangi kesalahannya kembali.

“Remisi yang diberikan ini menjadi pemicu ke taatan dan nantinya warga binaan harus bisa menjadi warga masyarakat yang baik dan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya lagi,” tandasnya.***

Penulis: Karina
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *