Lestarikan Budaya Daerah Lewat Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

  • Bagikan

KARAWANG – Guna menumbuhkembangkan kegemaran membaca para siswa, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarsipperpus) Kabupaten Karawang menggelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Kelas 4-5 se-Kabupaten Karawang Tahun 2022, di Aula Husni Hamid Komplek Pemda Karawang.

Lomba bercerita ini juga bertujuan untuk melestarikan aneka budaya daerah, serta mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya daerah yang ada di Indonesia.

“Saya merasa bangga ya melihat anak-anak yang sudah masuk grand final. Dulu yang diselenggarakan secara virtual sekarang dilaksanakan secara langsung dan ini mungkin bisa menjadi motivasi tersendiri khususnya kepada bapak atau ibu kepala sekolah, guru-guru sehingga bisa mengatarkan anak didiknya untuk ikut lomba,” tutur Plt. Kepala Disarsipperpus Kabupaten Karawang, Drs. H. Asep Junaedi, M.Pd., Kamis (31/3/2022).

Disampaikan Asep Junaedi, lomba bercerita ini bukan hanya sebagai ajang silahturahmi. Melainkan juga mencari siswa berprestasi. Yaitu dimana siswa yang nanti juara 1 akan menjadi wakil dari Kabupaten Karawang untuk lomba di tingkat provinsi.

“Mudah-mudahan di tingkat provinsi kita bisa menjadi juara 1 dalam kegiatan ini,” harapnya.

Sementara, Kepala Bidang Perpustakaan, Hj. Rina Herawati, S.Sos menyebut sebanyak 64 peserta dari siswa perwakilan sekolah yang mengikuti Lomba Bercerita melalui hasil audisi dari kiriman video.

Kemudian, pada 11-20 Maret 2022 pihaknya melakukan seleksi dan sebanyak 30 peserta siswa yang masuk ke babak Grand Final.

“Adapun nanti semua peserta akan mendapatkan sertifikat, piagam dan uang pembinaan. Khusus juara pertama otomatis akan mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Karawang,” paparnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Karawang pada Tahun 2021 berhasil meraih Juara 2 tingkat Provinsi Jawa Barat dan Perwakilan Duta Baca Kabupaten Karawang meraih Juara Pertama Duta Baca tingkat Jawa Barat.

“Mohon do’a restunya dan mohon dukungan support serta bimbingannya, agar Kabupaten Karawang bisa meraih hasil juara, terima kasih,” tutupnya.***

  • Bagikan
Exit mobile version