SC Konfercab PCNU Karawang Bantah Bakal Ada Karateker

  • Bagikan

KARAWANG – Ketua Steering Comitte (SC) Konfercab ke XXI PCNU Karawang, Emay Ahmad Maehi membantah bakal ada karateker atas hasil Konfercab yang digelar di Ponpes Attarbiyah Kecamatan Telagasari, pada 26 Maret 2022 lalu.

Namun Emay tidak menampik adanya sedikit kegaduhan hasil Konfercab yang memutuskan KH. Ahmad Ruhiyat Hasbi kembali terpilih sebagai Ketua Tanfidiyah PCNU Karawang Periode 2022-2027, serta KH. Nandang Qusyaeri sebagai Rois Syuriah.

Menyikapi pernyataan mantan kandidat calon Ketua PCNU Karawang, Deden Permana yang mengartikan Surat PBNU No. 362/C.I.13/06/2022 adalah sebagai bentuk sikap PBNU yang menghendaki bakal adanya karateker, Emay menegaskan, bahwa ia sama sekali tidak menemukan klausul karateker dari surat PBNU tersebut.

Menurut Emay, karetaker dan evaluasi adalah dua kosa kata yang berbeda. Sehingga sebagai Ketua SC, Emay mengaku tidak melihat ada redaksional karateker dalam surat PBNU tersebut. Karena yang ada hanyalah “menunggu keputusan” dengan tiga point yang tertera dalam redaksi surat PBNU.

“Olehh karena itu, SC merasa harus menjawab agar PBNU juga mengambil langkah-langkah strategis, terutama melakukan verifikasi yang dapat menyimpulkan secara tepat, baik secara teks maupun benar secara AD/ART sebagai payung hukum NU,” tutur Emay Ahmad Maehi, Selasa (5/7/2022).

Disampaikan Emay, biasanya Surat PBNU ditandatangani oleh Rais AM, Katib AM Ketua Tanfidziyah dan Sekjen. Sementara Surat PBNU No. 362/C.I.13/06/2022 kepada PWNU Jawa Barat hanya ditandatangani oleh Ketua Tanfidiyah dan Sekjen.

“Jadi surat ini baru sebagai laporan saja. Bukan surat yang mengarah kepada karakter. Hemat kami seperti itu,” paparnya.

Namun demikian, untuk meminimalisir isu kegaduhan karakter, SC Konfercab ke XXI PCNU Karawang sendiri telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada setiap MWCNU di Karawang. Adapun isi suratnya adalah sebagai berikut :

Terkait Surat PBNU No.362/C.I.13/06/2022 tanggal 29 Dzulqo’dah 1443 H/29 Juni 2022 M tentang Status Hasil Konferensi Cabang XXI Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang, setelah mempelajari secara seksama, maka kami SC Konfercab XXI Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang berkesimpulan :

1. Bahwa hasil Konfercab XXI di Pondok Pesantren At-Tarbiyyah Desa Ciwulan Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang telah mendapatkan Rekomendasi Pengesahan dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Propinsi Jawa Barat No. : 089/PW/A.II/D/IV/2022 tanggal 19 Ramadhan 1443 H/21 April 2022 sebagai syarat Pengesahan hasil keputusan Konferensi Cabang XXI Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang sesuai dengan AD/ART dan Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama.

Namun Pengurus Besar Nahdlatul Ulama
meminta kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Propinsi Jawa Barat dan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama di Kabupaten Karawang untuk menunggu keputusan selanjutnya dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

2. Terhadap isi surat ini Steering Comitte sebagai Penanggungjawab Materi Persidangan akan terus berkordinasi baik dengan PWNU Jawa Barat di Bandung maupun PBNU di Jakarta.

3. Menyarankan kepada Segenap Rois dan Ketua MWC se-Kabupaten Karawang tidakmengikuti dan membuat langkah-langkah yang tidak di sarankan secara moral dan bertentangan dengan akhlak yang dijunjung tinggi oleh Nahdlatul Ulama seperti himbauan yang disampaikan oleh Rais Am menyambut 1 abad kelahiran NU untuk menyatukan hati dan langkah dalam menyiapkan bekal khidmah terbaik, guna menyongsong masa depan Nahdlatul Ulama yang gemilang di masa depan.

4. Menghimbau kepada Warga Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Karawang untuk tidak terganggu dan istiqomah menjalankan berbagai kegiatan serta aktifitas yang mengimplementasikan fikrah, mu’amalah dan harokah Organisasi.

5. Memohon kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama untuk melakukan klarifikasi (tabayun) dan mediasi dengan pihak-pihak terkait termasuk dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Propinsi Jawa Barat.

Demikian Surat Himbauan ini kami sampaikan sebagai pertanggungjawaban kita kepada Allah Subhanahu Wataala di dunia maupun di akhirat dan memohon secara terus menerus kepada para Muassis Pendiri Nahdlatul Ulama agar kekaromahannya tetap menjaga dan memayungi langkah-langkah yang kita lakukan dengan ketulusan dan keikhlasan.

Emay Ahmad Maehi,
Ketua SC Konfercab XXI NU Karawang

Tembusan :
1. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Jakarta
2. PWNU Jawa Barat di Bandung
3. Pers dan Segenap Penggiat Media
4. Warga Nahdlatul Ulama

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *