Taptu dan Pawai Obor Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77

  • Bagikan

KARAWANG – Dalam memeriahkan HUT Ke-77 RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, TNI dan Polri melakukan gelaran Taptu, Pawai Obor dan Menghantarkan Teks Proklamasi. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pada satu hari sebelum pelaksanaan upacara bendera, tepatnya 16 Agustus setiap tahunnya.

Pantauan Newsroom Diskominfo Kabupaten Karawang, kegiatan dipimpin oleh Dandim 0604/Karawang, Letkol Kav Makhdum Habiburrahman. Turut dihadiri pula oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karawang.

Mulanya peserta yang terdiri dari TNI, Polri dan ASN berbaris di Kodim 0604/Karawang dengan dilakukan upacara pelepasan oleh Dandim selaku inspektur upacara dan dilanjutkan dengan penyalaan obor secara berurutan, dari barisan paling depan hingga belakang.

Usai dilepas, mereka melakukan pawai obor dengan rute di lokasi awal berkumpul dan berjalan menuju titik akhir yakni di GOR Panatayuda. Mereka berjalan beriringan dengan barisan paling depan yang dipimpin oleh marching band dengan membawakan lagu kemerdekaan.

“Pak Dandim terima kasih banyak, semoga ini menjadi amal jariyah bapak, Insyaa Allah ini akan terus berkembang, terus dilestarikan, dan terus memberikan dampak kesejahteraan kepada budayawan kami yang ada di Karawang,” ungkap Bupati.

Selain itu, terdapat hal menarik dalam setiap pelaksanaannya, yaitu para peserta menyanyikan lagu bertemakan nasionalisme dengan penuh semangat. Hal ini dilakukan sebagai upaya membangkitkan semangat perjuangan dan cinta negara bagi segenap masyarakat yang terlibat.

Suasana yang mulanya syahdu berubah menjadi semangat berapi-rapi dari para peserta sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat para pejuang di masa penjajahan kala itu.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *