389 Orang Lakukan Gerakan Bersih-bersih dan Tanam Pohon

  • Bagikan

KARAWANG – Sebanyak 389 orang yang tergabung dari petugas kebersihan Dinas LHK, Petugas Damkar, Satpol PP, serta volunteer dari LSM melakukan gerakan bersi-bersih (Geber) dan melak tangkal (Metal) atau menanam pohon, dalam rangka perayaan HUT ke-389 Kabupaten Karawang.

Aksi bersih-bersih dipimpin oleh Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh SE yang mewakili Bupati Karawang, dengan didampingi Asisten Daerah, dan beberapa Kepala OPD diantaranya Kepala Dinas LHK, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan dan BPBD.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih, sebanyak 389 peserta melaksanakan apel di Lapangan Karangpawitan terlebih dahulu. Wabup mengatakan, aksi bersih-bersih ini merupakan upaya untuk menciptakan Karawang Interasih.

Peserta disebar ke 6 titik jalan untuk langsung memungut dan membersihkan sampah yang berserakan di jalan. Sementara, Wabup dan rombongan menuju lahan di jembatan KW6, Kelurahan Karangpawitan untuk menanam pohon.

Ke depan, Wabup berpesan kepada dinas terkait untuk mengeluarkan surat edaran kepada pemilik toko-toko untuk menyiapkan tempat sampah, agar petugas kebersihan dapat dengan cepat mengangkut sampah.

“Kalau setiap toko memiliki tempat sampah sendiri, Insha Allah kesadaran untuk buang sampah ke tempat sampah pasti timbul,” kata Wabup.

Sementara, Kepala Dinas LHK Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, dalam satu hari, produksi sampah di Karawang mencapai 1.200 ton. Namun, yang bisa diangkut dengan armada yang dimiliki hanya sekitar 400 ton.

“Indeks pelayanan kebersihan di Karawang baru mencapai 47,6 persen. Mudah-mudahan lewat gerakan ini bisa menyadarkan masyarakat agar pentingnya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.***

  • Bagikan
Exit mobile version