Jaga Kearifan Lokal, NKRI-GMPI Inisiasi Pasanggiri Jaipong Tunggal

  • Bagikan

KARAWANG – Masih dalam rangkaian kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Karawang ke-389 tahun, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar NKRI dan Gerakan Masyarakat Patriot Indonesia (GMPI) menggelar kegiatan Pasanggiri Jaipong Tunggal, Minggu (18/9/2022).

Bertempat di Waroeng Lengkong Kodim 0604 Karawang, Pasanggiri Jaipong Tunggal ini mengangkat tema ‘Melestarikan Kearifan Budaya Lokal’.

Puluhan penari muda bertalenta asli Karawang satu persatu unjuk gigi di kegiatan ini. Mereka berkompetisi menunjukan bakat-bakat terbaik sebagai penari muda yang akan meneruskan seni dan budaya di Karawang.

Dalam sambutannya, Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri menyampaikan, bahwa pasanggiri atau perlombaan cabang seni tari jaipongan ini bisa melahirkan maestro seni dan budaya, jika para pelakunya terus dibina dan dipupuk bakatnya.

Melalui pasanggiri jaipongan, kata Sekda, maka seorang penari memiliki kesempatan untuk meningkatkan kepampuan dan mengembangkan karier. Karena perlombaan tersebut merupakan bagian dari pendidikan.

“Mudah-mudahan ini akan mewadahi talenta-talenta di bidang tari jaipong yang merupakan salah satu pelengkap dari pada industri kreatif untuk kepariwisataan dan kebudayaan,” tutup Sekda.***

  • Bagikan
Exit mobile version