Sidak Pasar Johar, Gus Muhaimin : Harga Stabil Harus Dipertahankan

  • Bagikan

KARAWANG – Sejumlah komoditas yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat terpantau relatif stabil. Hal ini terungkap saat Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional Johar Kabupaten Karawang, Rabu (26/10/2022) pagi.

Gus Muhaimin mengatakan, bahwa komoditi seperti beras, minyak goreng, telur, tepung, daging ayam dan daging sapi masih terpantau stabil atau belum mengalami kenaikan harga yang signifikan, meski dihantui penyesuaian harga BBM beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah, dari hasil sidak saya ke sejumlah warga pedagang pasar Johar Karawang harganya boleh dibilang stabil. Belum ada peningkatan harga yang signifikan,” kata Gus Muhaimin.

Dari hasil pantauan Gus Muhaimin, harga bawang putih di pasar Johar saat ini dijual di kisaran Rp 26 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp 14 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp 27 ribu, daging ayam Rp 30 ribu, dan cabe rawit Rp 50 ribu.

“Tadi cuma bawang merah yang mengalami kenaikan, sekarang pedagang jualnya Rp 31 ribu, seminggu sebelumnya Rp 29 ribu perkilo. Kalau harga cabai itu fluktuatif terkait dengan pasokan dari petani,” tutur Gus Muhaimin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun bersyukur melihat stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional. Ia berharap stabilitas harga kebutuhan pokok terus dipertahankan.

“Kita tahu situasi sekarang memang serba sulit, dan stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar tradisional ini jadi angin segar, terutama untuk masyatakat kecil. Saya tekankan kondisi ini harus dipertahankan,” terang Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin menambahkan, pandemi berdampak serius bagi setiap sendi perekonomian masyarakat. Sebab itu ia mengajak masyarakat untuk kembali berbelanja ke pasar tradisional untuk menggeliatkan kembali perekonomian rakyat kecil.

“Pasar tradisional berperan penting menggerakkan roda perekonomian rakyat, terutama rakyat kelas bawah. Karena itu mari kita gairahkan kembali berbelanja di pasar tradisiona. Karena pasar tradisional bisa membantu pedagang yang sudah lama berjuang dengan ekonomi di kalangan bawah,” tukas Gus Muhaimin.

Tak sendiri, Gus Muhaimin sidak didampingi sang istri Rustini Muhaimin, Ketua Komisi X DPR RI yang juga Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda, serta sejumlah anggota DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Karawang Fraksi PKB.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *