Cek Kesiapsiagaan Bencana Akibat Cuaca Ekstrim, Bupati Kumpulkan Pejabat BPBD

  • Bagikan

KARAWANG – Jelang musim penghujan dan cuaca ekstrim yang melanda Karawang beberapa waktu terakhir, membuat kesiapsiagaan mitigasi bencana ditingkatkan.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengumpulkan para pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan mengecek langsung seluruh persiapan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi.

“Pagi ini kami membahas dan memetakan peta rawan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan puting beliung akibat cuaca ekstrim akhir-akhir ini. Beberapa lokasi yang selama ini menjadi titik rawan mulai kami inventarisir. Mulai dari Karangligar, wilayah Pangkalan dan sejumlah daerah lain,” kata bupati.

Khusus untuk Karangligar, berdasarkan pantauan dan data BPBD, wilayah inu terendam banjir 40 cm serta berdampak pada 71 KK di wilayah tersebut. Pemicunya ialah luapan Sungai Cibeet dan Citarum akibat curah hujan yang tinggi di wilayah hulu. BPBD sudah melakukan penanganan kebencanaan di Karangligar.

Tapi secara keseluruhan, Pemda memastikan bahwa kesiapsiagaan bencana ini mutlak diperlukan agar menjadi early warning bagi pemerintah.

“Secara umum, kami juga melakukan sidak untuk mengecek kesiapsiagaan BPBD. Mulai dari personil, sarana prasarana, hingga rencana kontijensi bila bencana melanda. Ini merupakan langkah mitigasi sejak dini agar warga yang tertimpa bencana bisa secepatnya dibantu dan ditangani,” tutup Teh Celli.***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *