Angka Kriminalitas Tinggi, 13 Pelaku 3C Diamankan dalam Sepekan

KARAWANG – Angka kriminalitas di Kabupaten Karawang terbilang masih cukup tinggi. Faktanya dalam sepekan terakhir (9-14 agustus), Polres Karawang telah mengamankan 13 pelaku curas, curat hingga curanmor (3C).

Meskipun beberapa pelaku ini berasal dari luar Karawang, namun untuk sementara waktu Polres Karawang baru memastikan jika ke 13 pelaku ini merupakan pemain lokal. Dan dua diantaranya merupakan residivis.

Modus yang dilakukan para pelaku sendiri beragam. Seperti curanmor, para pelaku biasanya mengincar sepeda motor yang terparkir di pertokoan. Korban lengah sedikit, maka saat itu pelaku akan beraksi dengan menggunakan kunci palsu ataupun kunci leter T.

“Sejauh ini kita masih melakukan pengembangan apakah ada sangkutpautnya dengan TKP di kota lain. Tapi beberapa pelaku berasal dari kota lain yang melakukan aksi kriminal di Karawang,” tutur Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, saat menggelar rilis, Rabu (18/8/2021).

Dijelaskan kapolres, ketiga pelaku ini berhasil diamankan berdasarkan laporan masyarakat. Termasuk satu kasus curas yang sempat viral di media sosial. Yaitu dimana pelaku sempat mengancam korbannya dengan golok.

“Ancaman pidana terhadap para pelaku juga beragam, berkisar 5-9 tahun. Barang bukti yang kita amankan dari mulai sepeda motor, kunci palsu hingga senjata tajam,” timpal Kapolres.

Disampaikan Kapolres, pihak kepolisian juga berterimakasih kepada masyarakat yang selalu sigap melaporkan setiap kejadian kriminalitas. Sehingga setiap pelakunya selalu bisa diamankan oleh kepolisian.

“Masyarakat juga diharapkan men-download aplikasi Karawang Tangguh. Karena di sana ada media pelaporan, pengaduan hingga informasi lainnya di seputar wilayah hukum Polres Karawang,” pungkasnya.***