Jembatan Belendung untuk Permudah Akses Kosambi-Telagasari

KARAWANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai melakukan proyek pembangunan jembatan Belendung Klari yang merupakan akses penghubung antar kecamatan.

Kepala Dinas PUPR Karawang, Dedi Ahdiyat mengatakan, pembangunan jembatan merupakan salah satu proyek strategis Pemerintah Kabupaten Karawang pada tahun anggaran 2022 ini yang terletak pada ruas jalan Kosambi-Telagasari.

“Jembatan belendung ini juga terhubung langsung dengan jalan Johar-Gempol sebagai jalur alternatif Karawang Cilamaya atau sebaliknya,” kata Dedi, Rabu (31/08/2022).

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, proyek pembangunan jembatan Belendung ini merupakan pembangunan jembatan baru sebagai pengganti jembatan eksisting yang selama ini fungsinya sebagai bangunan air dengan lebar 3 meter.

“Jembatan Belendung melintas di atas saluran irigasi tarung utara dengan bentang sepanjang 40 meter”, tambahnya.

Ia juga menuturkan, tahapan pembangunan jembatan telah dimulai pada bulan Juli tahun 2022 yang meliputi fase pembuatan konstruksi pondasi dan abutment. Memasuki awal bulan September ini pengerjaan sudah memasuki tahap pengecoran dan ditargetkan akan rampung akhir tahun ini.

“Dengan adanya proyek pembangunan jembatan Belendung akan memperlancar arus lalu lintas khususnya pada ruas jalan Kosambi-Telagasari”, pungkasnya.***